Opini

Pentingnya Guru Kuasai Teknologi di Era Modern

Setiap orang atau individu pasti pernah merasakan perkembangan zaman. Dimana perkembangan sendiri merupakan perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu

Mawarni13 Agustus 2022

Setiap orang atau individu pasti pernah merasakan perkembangan zaman. Perkembangan sendiri terjadi dari waktu ke waktu. Diberbagai belahan dunia sudah banyak mengalami kemajuan diberbagai bidang, misalnya teknologi.

Di indonesia sendiri sudah banyak mengalami perubahan pada media belajar. Pada zaman dulu media belajar masih menggunakan papan tulis dan kapur. Namun, saat ini media belajar menggunakan laptop dan proyektor.

Sumber belajar yang didapat pada zaman dahulu, siswa harus rajin membaca buku. Berbeda halnya pada saat ini, siswa dapat menggunakan internet sebagai sumber belajar. Dapat disimpulkan siswa siswi zaman sekarang sudah menguasai teknologi sebagai sumber belajar.

Tetapi, peran guru haruslah lebih paham tentang teknologi. Terlebih saat pandemi covid-19, mau tidak mau, suka tidak suka kegiatan belajar mengajar di sekolah harus dihentikan.

Peran teknologi dalam pendidikan

Zaman sekarang tidak bisa lepas dari teknologi. Hal ini karena pengaruh globalisasi mengakibatkan manusia menerima perubahan yang terjadi. Peran teknologi yang sangat penting adalah mampu menyelesaikan masalah - masalah yang ada. Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila seseorang mengabaikan hadirnya teknologi. Akibatnya, seseorang akan ketinggalan dan tidak mengikuti perubahan yang terjadi.

Teknologi merupakan sesuatu yang sangat berpengaruh terutama pada dunia pendidikan. Sehingga perancangan pembelajaran harus sesuai dengan perkembangan IPTEK. Oleh karena itu, pendidikan merupakan proses yang dilakukan dengan sistem tertentu untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang diberikan/

Peran teknologi dalam pendidikan sangatlah penting untuk menciptakan semangat siswa saat belajar. Penggunaan teknologi terbukti dapat meningkatkan semangat dan kemauan siswa untuk belajar.

Pentingnya guru menguasai teknologi

Guru adalah orang yang mentransfer ilmu yang dimilikinya kepada peserta didik. Profesionalisme seorang guru adalah faktor penentu dari terciptanya pendidikan yang bermutu.

Berdasarkan PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang guru, ada empat kompetensi yang harus dimiliki yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Kompetensi profesional berarti kemampuan guru menguasai dan memanfaatkan sumber daya untuk mendukung proses pembelajaran.

Salah satunya guru harus menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi informasi dan komunikasi. Peranan guru sangat penting dalam menciptakan proses belajar mengajar. Oleh karena iu, pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi penting untuk mendukung pembelajaran.

Alasan guru harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi karena guru harus berhadapan dengan empat isu di masa depan yaitu :

  1. Menjadi orang yang lebih kompetitif
  2. Siap dalam peningkatan kualitas, inovasi, dan pelayanan
  3. Mengisi usaha merger (penggabungan), dan akuisisi (penyediaan)- aspek pengetahuan dan kesempatan
  4. Melaksanakan teknologi informasi berbasis jaringan

Oleh karena itu, guru harus selalu meningkatkan profesionalisme seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait