Teknologi

Teknologi dan Aktivitas Dalam Kehidupan Manusia

Teknologi atau yang sering  kita sebut dengan IT adalah singkatan dari informasi dan teknologi yang sudah dikenal sebelum ilmu sains dan teknik.

Mawarni13 Oktober 2022

IT adalah singkatan dari informasi dan teknologi yang sudah dikenal sebelum ilmu sains dan teknik. Teknologi informasi sering dikaitkan dengan penemuan baru yang dapat mempermudah penemuan lama. Contohnya penemuan roda karena mempermudah dari yang lama yang terbuat dari kayu.

Peran teknologi tidak akan lepas dari kehidupan manusia. Contohnya saat kita menggunakan handphone untuk menjelajah media sosial. Oleh karena itu handphone dapat disebut sebaai teknologi informasi yang lain, selain TV, komputer dan alat elektronik yang lainnya.

Dikenal dengan teknologi jangka panjang dalam ilmu pengetahuan dan penelitian, serta memiliki banyak manfaat. Inilah beberapa pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Dalam Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan teknologi infomasi sangat berkembang pesat. Teknologi informasi sangat berperan penting dalam dunia pendidikan. Saat ini, internet dijadikan sebagai sumber belajar dan alat komunikasi. Dapat diperoleh dimanapun dan kapanpun tanpa harus membayar mahal. Kita juga dapat browsing di innternet tentang pembelajaran.

Dengan Internet sangat memungkinkan melakukan proses pembelajaran jarak jauh jadi lebih efektif. Sehingga dalam proses pembelajaran mendapat hasil yang diinginkan untuk memenuhi kebutuhkan.

2. Bidang Kesehatan

Smart Card (kartu cerdas) merupakan salah satu pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang kesehatan. Sistem ini dapat mempermudah tim medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang kerumah sakit. Contoh lainnya adalah penggunaan robot untuk hasil hasil pencitraan 3 dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

3. Sektor Perbankan

Dalam sektor perbankan, penerapan transaksi perbankan melalui internet atau i-Banking. Transaksi yang dapat dilakukan antara lain transfer, pembayaran tagihan, informasi saldo, pemindahbukuan dan informasi rekening. Penarikan dan transfer yang dilakukan melalui mesin ATM juga salah satu pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang perbankan.

4. Bidang Bisnis

Ketika berbicara tentang dunia bisnis sangat erat kaitannya dengan transaksi jual beli. Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang ini dilakukan dengan penjualan secara elektronik atau E-Commerce. E-Commerce merupakan tempat penjualan barang atau jasa dengan sistem elektronik.

E-Commerce masih bagian dari E-Business, namun cakupan E-Business lebih luas. Tidak hanya penjualan, akan tetapi mencakup semua mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dll. 

Internet merupakan layanan dan dapat membantu kita lebih mudah dan praktis pada saat ini. Siapapun dapat memanfaatkan kecanggihan internet. Kita dapat bebas berselancar di internet hingga keseruan bermain game. Oleh karena itu untuk memanfaatkannya kita dituntut untuk memiliki kecerdasan dalam menggunakan IT. Dengan kata lain dalam menggunakan IT kita memerlukan ilmu untuk mengoperasikannya.

Share:

0 Komentar