Teknologi

Toilet dengan Layar Sentuh Hologram, Solusi Menjaga Kebersihan di Tengah Pandemi

Layar sentuh hologram memberikan solusi dalam menjaga kebersihan dan kesehatan di tengah pandemi Covid-19

Puguh9 Agustus 2021

Layar sentuh dari alat pembayaran elektronik atau Anjungan Tunai Mandiri (ATM) menimbulkan isu pada kesehatan kita, terutama sebelum pandemi Covid-19 berlangsung. Sebuah studi di tahun 2018 yang dilakukan oleh London Metropolitan University, di Inggris menunjukkan bahwa layar sentuh pada aplikasi pemesanan di restoran cepat saji menyimpan semua jenis bakteri yang dapat membahayakan tubuh kita. Terlebih lagi, bahaya dari layar sentuh tersebut jelas - jelas membahayakan kesehatan manusia karena dapat menyebarkan virus Covid-19 dari satu konsumen ke konsumen yang lain.

Perusahaan Jepang membuat toilet hologram

Di tengah fokus mayoritas orang pada kebersihan publik pasca munculnya kasus COVID-19, Murakami Corporation, sebuah perusahaan asal Jepang yang berbasis di Shizuoka, berkerja sama sama dengan Parity Innovations yang juga perusahaan asal negeri Matahari Terbit tersebut untuk mengembangkan sistem kontrol hologram bebas kontak yang diimplementasikan di toilet berteknologi tinggi di Jepang. Kabar baiknya, aplikasi teknologi hologram tersebut memiliki potensi untuk ditingkatkan penggunaannya pada fasilitas publik lainnya.

Menurut pernyataan pers yang dirilis oleh Murakami Corporation, panel kontrol yang disebut Floating Pictogram Technology (FPT) tersebut menggunakan "teknologi optik 'gambar melayang' generasi yang terbaru." FPT memungkinkan pengguna untuk "menekan" tombol seperti hologram tanpa terlebih dahulu menyentuh panel secara fisik sehingga menghilangkan keharusan untuk menyentuh permukaan yang mungkin penuh dengan bakteri.

Fitur utama dari sistem FPT ini adalah “gambar yang melayang di udara dan sangat terlihat". Sistem hologram ini didukung oleh teknologi penginderaan spasial yang dapat “mempersempit posisi jari di udara menggunakan algoritme eksklusif," tutur Murakami.

Sistem ini juga mudah dikonfigurasi, sehingga ke depannya memiliki potensi untuk diimplementasikan pada produk lainnya.

Teknologi ini dapat digunakan untuk melindungi manusia dari wabah di masa depan dengan meningkatkan kebersihan dalam berbagai aplikasi termasuk toilet umum, lift, ATM, self check in - check out di bandara dan stasiun kereta serta pendaftaran rumah sakit.

Teknologi hologram sudah ada sejak tahun 2010 

Meskipun tergolong temuan baru, namun Murakami Corporation bukanlah perusahaan pertama yang menghasilkan solusi layar sentuh tetapi “tanpa sentuh" ​ ini. Pada Oktober 2020, Ultraleap mengumumkan layar sentuh berkemampuan kamera yang juga dikontrol menggunakan gerakan tangan.

Murakami mengumumkan bahwa mereka telah mulai memasok sampel sistem FPT-nya ke produsen dan rumah sakit untuk dievaluasi. Perusahaan raksasa teknologi Jepang tersebut mengharapkan agar teknologinya tersedia secara komersial pada tahun 2022.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait