Teknologi

Waspadai Peretasan, Aktifkan Two Step Verification Whatsapp-mu

Whatsapp seringkali menjadi target peretasan. Agar aman, pengguna bisa mengaktifkan fitur Two Step Verification.

Puguh13 Agustus 2021

Pembajakan akun Whatsapp sendiri cukup membahayakan. Banyak dari akun Whatsapp yang diretas digunakan dalam kasus kejahatan penipuan online. Dalam beberapa kasus, pembajak Whatsapp akan mengaku sebagai saudara atau teman yang kemudian meminta sejumlah uang kepada korban. Korban yang biasanya belum sadar kalo akun tersebut sudah dicuri, akan dengan mengirimkan sejumlah uang kepada si peretas akun Whatsapp. Dalam isu politik seperti kasus Febri Diansyah, pengambilalihan akun Whatsapp biasanya digunakan untuk tujuan dan motif politik yang tidak kalah bahayanya dengan kejahatan penipuan online.

Ngeri bukan? Makanya jangan sampai hal itu terjadi pada kita ya kawan.

Gunakan Two Step Verification Untuk Amankan Whatsapp

“Nah, bisa ga si mencegah peretasan akun Whatsapp?” Tentu bisa dong. Perusahaan bonafit seperti Whatsapp tentu tidak ingin konsumen yang jumlahnya mencapai 2 Miliar orang di dunia lari dan beralih ke platform lainnya. Maka dari itu, Whatsapp menyediakan fitur agar penggunanya aman dari gangguan tangan – tangan jail, salah satunya disebut Two Step Verification

Apa Sih Two Step Verification itu?

Menurut situs resmi Whatsapp, Two Step Verification atau verifikasi dua langkah adalah fitur opsional yang diklaim dapat memberikan keamanan tambahan pada akun Whatsapp kita. Ketika pengguna memilih untuk mengaktifkan fitur ini, aka nada permintaan untuk membuat enam digit nomor PIN unik yang nantinya akan diperlukan  untuk mengakses akun WhatsApp anda. 

PIN ini berbeda dari kode 6 digit yang kita terima melalui SMS atau panggilan telepon saat pertama kali mendaftarkan diri menjadi pengguna Whatsapp.

Bagaimana Mengaktifkan Two Step Verification?

Untuk mengaktifkan Two Step Verification, pertama – tama anda harus mendaftarkan diri menjadi pengguna Whatsapp. Setelah nomor terdaftar, buka Setting > Account > Two-Step Verification hingga anda akan diarahkan pada halaman dengan gambar gembok dan keterangan “For added security, enable two-step verification, which will require a PIN when registering your phone number with Whatsapp again (Untuk menambahkan keamanan, aktifkan verifikasi dua langkah, yang akan menyebabkan anda harus memasukkan PIN ketika mendaftarkan nomor telepon anda dengan Whatsapp.” Artinya, jika anda lupa PIN dari nomor telepon tersebut, maka konsekuensinya, akun Whatsapp akan dikunci.

Setelah itu, klik Enable dan pengguna akan diarahkan untuk memasukkan 6 digit angka PIN yang sama dua kali. Untuk PIN kedua merupakan proses konfirmasi dari PIN pertama.

Fitur ini menyediakan langkah pengamanan apabila pengguna lupa 6 digit PIN, yaitu dengan menautkan email yang jika pengguna lupa PIN Two Step Verification-nya, dapat digunakan untuk menyetel ulang PIN.

Two Step Verification Whatsapp anda sudah aktif. Silahkan ber-Whatsapp dengan tenang.  

Bagi yang masih Anda dapat mempelajari cara mengaktifkan verifikasi dua langkah di : https://tinyurl.com/pbp5fdj

 

Share:

0 Komentar