Teknologi

Apa Perbedaan Mesin Otto dan Diesel?

Mesin otto dan mesin diesel merupakan mesin yang umum digunakan pada kendaraan. Namun, apakah kalian sudah tahu perbedaan keduanya? Berikut ulasannya.

Melati Permata Sari12 Agustus 2021

Pernahkah kalian mendengar mesin otto dan mesin diesel??

Mesin otto dan mesin diesel merupakan jenis internal combustion engine yang digunakan pada kendaraan. Dinamakan internal combustion engine karena bahan bakar dibakar di dalam mesin untuk menghasilkan kerja. Terdapat dua jenis internal combustion engine yaitu four-stroke engine dan two-stroke engine. Namun, yang umum digunakan pada mobil dan truk adalah four-stroke engine.

Mesin Otto

Merupakan mesin yang menggunakan bahan bakar gasoline atau bensin dan memiliki spark ignition. Proses yang terjadi pada mesin ini ada 4 yaitu suction stroke, compression stroke, power stroke, dan exhaust stroke.

  • Suction stroke: pertama katup intake terbuka dan piston bergerak turun sampai bottom dead center (titik terjauh yang dicapai piston saat bergerak ke bawah) menyebabkan tekanan dalam silinder lebih rendah dibandingkan tekanan atmosfer sehingga udara yang bercampur dengan bahan bakar masuk ke silinder.
  • Compression stroke: katup intake dan katup exhaust tertutup dan piston bergerak menuju top dead center ( titik terjauh yang dicapai piston saat bergerak ke atas) menyebabkan campuran udara dan bahan bakar terkompresi sehingga tekanan dan suhunya meningkat. Beberapa saat sebelum piston mencapai top dead center, terdapat penyalaan campuran bahan bakar dan udara yabg terkompresi oleh spark plug sehingga terjadi pembakaran.
  • Power stroke: pada saat terjadi pembakaran, ekspansi terjadi menyebabkan piston bergerak ke bawah dan memutar poros sehingga menghasilkan tenaga.
  • Exhaust stroke: setelah poros berputar, piston bergerak dari bottom dead center menuju top dead center dan katup exhaust terbuka sementara katup intake tertutup sehingga gas sisa pembakaran akan terdorong ke saluran buang.

Untuk lebih jelasnya bisa juga dilihat pada skema berikut.

mekanisme kerja mesin otto
Mekanisme kerja mesin otto
sumber: infourok.ru

Mesin Diesel

Sesuai namanya, mesin ini menggunakan bahan bakar diesel. Pada mesin ini tidak ada spark plug, melainkan bahan bakar yang diinjeksi ke ruang pembakaran akan dibakar dengan udara bertemperatur tinggi pada silinder secara spontan. Prinsip kerjanya sebagai beriku,

  • Suction stroke: katup intake terbuka dan piston bergerak turun sampai bottom dead center menyebabkan tekanan dalam silinder lebih rendah dibandingkan tekanan atmosfer sehingga udara masuk ke silinder.
  • Compression stroke: katup intake dan exhaust tertutup dan piston bergerak menuju top dead center menyebabkan udara terkompresi sehingga tekanan dan suhunya meningkat. Saat piston mencapai top dead center, maka diesel yang teratomisasi diinjeksikan ke dalam silinder mengakibatkan molekul menyerap panas dari lingkungan dan berubah fasa menjadi uap sehingga terjadi pembakaran spontan.
  • Power stroke:  terjadinya pembakaran menyebabkan ekspansi sehingga piston bergerak ke bawah dan memutar poros dan menghasilkan tenaga.
  • Exhaust stroke: setelah poros berputar, piston bergerak dari bottom dead center menuju top dead center  dan katup exhaust terbuka sementara katup intake tertutup sehingga gas sisa pembakaran terdorong keluar.
gambar mesin diesel empat tak
Mekanisme kerja mesin diesel
sumber: ww2aircraft.net

Setelah mengetahui mekanisme kerjanya, mari kita simak perbedaan mesin otto dan diesel berikut.

  • Pada mesin diesel bahan bakar dicampur dengan udara di dalam silinder, sedangkan pada mesin otto bahan bakar sudah dicampur di luar silinder tempat pembakaran.
  • Pembakaran yang terjadi di mesin diesel karena adanya udara panas yang terkompresi, sedangkan pada mesin otto bahan bakar dibakar dengan spark plug.
  • Mesin diesel memiliki rasio kompresi yang lebih besar dibandingkan mesin otto karena mesin diesel butuh untuk memanaskan udara sampai titik bakar diesel tercapai agar terjadi pembakaran spontan. Rasio kompresi adalah perbandingan antara volume silinder saat piston berada di bottom dead center dengan volume silinder saat piston berada di top dead center. Semakin tinggi rasio kompresi, maka efisiensi pembakaran juga semakin besar. Oleh karena itu, mesin diesel dapat menghasilkan power yang lebih tinggi dibandingkan mesin otto dan menyebabkan penggunaan bahan bakar lebih rendah.
  • Mesin diesel biasanya digunakan pada kendaraan berat seperti truk dan bus, sedangkan mesin otto digunakan pada kendaraan ringan seperti motor dan mobil.

Bagaimana? Sudahkan tercerahkan mengenai mesin otto dan mesin diesel ini?

 

Share:

0 Komentar