Pengetahuan

Diagram Dalam Proses Kimia

Proses Industri Kimia dapat digambarkan melalui diagram proses kimia yang menggambarkan kondisi operasi, unit operasi, process control, sistem piping, dan lain sebagainya. Ada beberapa diagram proses kimia yang wajib dipahami dan dimengerti oleh seor

M. ZULFIKAR MILUS10 Februari 2023

Proses industri kimia melibatkan banyak komponen dan proses yang sangat kompleks. Proses industri kimia selalu melibatkan bahan kimia yang reaktif, toksisitas tinggi, dan tingkat korosifitas tinggi dengan tekanan dan suhu yang tinggi.

Hal tersebut dapat memicu kebocoran bahan kimia jika proses operasi tidak sesuai dengan ketentuan. Oleh karena itu, semua orang yang terlibat dalam proses industri kimia harus memahami proses produksi dari awal sampai akhir.

Salah satu cara yang sangat efektif untuk mengkomunikasikan dan menginterpretasikan proses kimia adalah menggunakan diagram proses kimia. Ada beberapa diagram proses yang harus dipahami khususnya chemical engineer, yaitu sebagai berikut :

1. Block Flow Diagram (BFD)

BFD merupakan diagram yang teridiri dari blok-blok yang merepresentasikan unit operasi yang tersambung aliran input dan output. Informasi yang tercantum pada BFD adalah suhu, tekanan, konversi, dan yield serta komposisi bahan kimia. Namun, diagram ini tidak meletakkan informasi detail alat proses di setiap blok. BFD dapat dibentuk dalam dua bentuk :

Block Flow Process Diagram

Diagram ini hanya menggambarkan proses secara general untuk menampilkan proses secara umum agar mudah dipahami. Setiap blok menampilkan fungsi alat operasi yang terdiri beberapa peralatan. Diagram ini berfungsi untuk gambaran secara umum dari proses untuk dikembangkan lebih detail.

 

Gambar 1 : Block Flow Process Diagram Pembuatan Benzena
Block Flow Process Diagram Pembuatan Benzena

Block Flow Plant Diagram

Diagram ini menampilkan lebih lengkap informasi-informasi penting dalam proses. Beberapa tambahan informasi penting seperti nomor stream dan bentuk alat proses sudah mulai dibedakan (turbin dan kompressor berbentuk trapesium). Namun, diagram ini hanya digunakan untuk overview dari proses keseluruhan.

Block Flow Plant Diagram Proses Batu Bara Menjadi Bahan Bakar Alkohol

2. Process Flow Diagram (PFD)

PFD sudah memuat banyak informasi proses kimia yang diperlukan. Mulai dari informasi stream, penggambaran alat operasi, kondisi operasi, penamaan alat, dan alat-alat proses.

PFD Produksi Benzena dari Hidrodealkilasi Toluena

3. Piping and Instrumentation Diagram (P&ID)

Diagram ini melibatkan process control dan informasi mekanik. P&ID merepsentasikan keseluruhan proses industri kimia yang meiliputi kondisi operasi, aliran stream, sistem perpipaan, informasi alat proses, dan kontrol.

P&ID Distilasi Benzena

Sumber : Turton, R. (2013) Analysis, Synthesis, and Design of Chemical Processes Fourth Edition, Journal of Chemical Information and Modeling.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait