Opini

4 Alasan Kenapa Arogansi Mahasiswa Tingkat Jurusan/ Universitas Gaada Gunanya

Arogansi antar mahasiswa adalah perilaku toxic yang ngebuat pendidikan Indonesia ga maju-maju. Tulisan ini berupaya untuk membuat lu sadar kalo arogansi itu sama sekali gaada gunanya. Kalo lu udah sadar, ya biar ngebuat lu tetep sadar.

Imam Farhannabil Roihan2 September 2021

Pernah ga sih lu ngeliat orang yang merasa jurusan mereka atau universitas mereka paling bagus? Pokoknya dia doang yang top, yang lain mah beng-beng. Bahkan sampai overproud ke jurusan lain yang satu universitas sama dia.

Jangan-jangan lu sendiri orang yang begitu? Risih ga sih ngeliatnya? Kalo gua sih risih dan sudah pasti kerisihan gua ini bukan tanpa dasar. Makanya kenapa gua bakal ngasih tau lu kenapa arogansi jurusan/universitas gaada gunanya (dalam beberapa poin berlaku juga kalo lo insecure dengan jurusan/universitas lu saat ini).

1. Orang Males Collab bareng Lu

Ketika lu arogan, lu bisa nimbulin permusuhan. Jelas ga enak banget dong kalo lu kerja bareng orang yang bikin lu kesel. Padahal bisa aja, kalo gaada arogansi, lu bisa collab ngehasilin sesuatu yang keren.

Apalagi dengan adanya beragam jurusan/program studi yang ada di sebuah universitas, gua yakin bisa ngebuat collab yang keren abis dari berbagai keilmuan tersebut. Selain collab di bidang keilmuan, lu bisa juga collab dalam hal organisasi, kepanitiaan, dsb. Sayang banget kan kalo kesempatan itu hilang cuman karena arogansi yang ga ngaruh apa-apa dalam kebaikan.

Inget juga di dunia kerja nanti lu butuh orang dengan beragam latar belakang pendidikan. Jadi kalo lu merendahkan jurusan lain atau universitas lain, ya kerjaan ga bakal jalan. Kalopun jalan paling juga ga maksimal.

2. Orang Ga Terlalu Peduli Lu dari Jurusan/Univ Apa

Memang beberapa pekerjaan membutuhkan kualifikasi pendidikan tertentu. Tapi tetep aja, orang bakal ngeliat banget gimana etos kerja lu, kemampuan lu mengelola sesuatu, dan apakah lu bisa mengaplikasikan teori yang lu dapet di perkuliahan. Bahkan di jaman saat ini, hard skill mah udah banyak akses buat ngedapetinnya.

Selain itu, udah banyak coy orang-orang dari universitas yang kurang populer tapi skill nya gokil banget. Lagipula, kalo lu ngebanggain universitas lu, itu artinya gaada yang bisa dibanggain dari diri lu sendiri.

Alhasil, lu berlindung dibalik nama besar universitas. Renungi baik-baik quote dari Pidi Baiq, “Dulu, nama besar kampus disebabkan oleh karena kehebatan mahasiswanya. Sekarang, mahasiswa ingin hebat karena nama besar kampusnya.”

3. Eksplor Banyak Hal Itu Asik

Jangan membatasi diri lu dengan jurusan lu aja. Belajar banyak hal dan mengeksplor hal baru itu asik banget asli! Lu jadi punya beragam pengetahuan dan kemampuan. Seseorang yang arogan, kemungkinan besar ga akan mau mengeksplor sesuatu karena sudah merasa cukup dengan apa yang dimilikinya.

4. Semua Orang Punya Kesempatan yang Sama

Apapun jurusan lu, apapun universitas lu, lu tetap bisa jadi hebat. Semua orang mempunyai kesempatan yang sama. Kegigihan, kemauan untuk berkembang, kepemimpinan, dan tahan banting tidak ditentukan oleh apa jurusan/universitas lu, tapi ditentukan oleh bagaimana lu mengatur diri lu sendiri.

Itu aja dari gua, semoga tulisan ini bisa membuat kita semua menjadi kaum terpelajar yang memiliki sikap terpelajar pula. Karena tujuan besar akan lebih mudah jika diperjuangkan bersama, dan akan terhambat jika salah satu merasa lebih hebat dibanding yang lainnya.

Share:

0 Komentar