Opini

Seberapa Pentingkah Magang bagi Mahasiswa?

Setelah menjalani semester demi semester , mahasiswa diberi pilihan untuk magang atau kerja praktek. Seberapa penting magang bagi mahasiswa?

Natasya18 Juli 2022

Pernahkah kamu terbelesik kenapa ingin kuliah di jurusan yang kamu pilih. Coba deh, tanya dulu kepada diri sendiri? Meski beda orang beda alasan buat ambil suatu jurusan.

Memilih jurusan kedokteran karena dari kecil udah ngebet pengen jadi dokter.

Pilih jurusan teknik emang pengen jadi teknisi.

Pilih jurusan hukum emang udah kebayang mau jadi pengacara, hakim atau bahkan pengen jadi Mbak Najwa Shihab.

Pilihan jurusan bisnis pengen jadi membangun start-up Pak Nadiem buat start-up kayak Gojek.

Ambil kuliah IT karena pengen bisa coding kayak Nam Do San kayak di drakor (Drama Korea) “Start-Up”.

Menjadi kebahagiaan tersendiri ketika memasuki kampus impian dengan jurusan yang sesuai. Setelah menjalani semester demi semester, mahasiswa melakukan magang atau kerja praktek.

Kebebasan untuk memilih tempat magang pun kadang memberatkan mahasiswa. Kadang juga bingung kenapa mereka harus magang.

Seberapa pentingkah magang bagi mahasiswa

Pernahkah kamu berpikir kalau orang bisa langsung bekerja begitu saja, tanpa melewati proses. Bisakah mereka langsung menjadi professional. Jawabnya jelas saja tidak, iyakan? Telah banyak proses yang mereka lewati sebelum lulus kuliah.

Tak ayal proses belajar itu juga termasuk ke dalam magang. Magang menjadi wadah kita untuk merasakan proses kerja di dunia nyata. Segala materi dan pembelajaran yang kita dapat di bangku perkuliahan waktunya untuk digunakan.

1. Magang sebagai gambaran dunia kerja

Magang membuat kita tau memberikan gambaran dunia kerja orang dewasa. Diharapkan setelah melewati magang mahasiswa tidak shock dengan dunia kerja yang akan dilewati.

2. Magang menambah uang saku

Mengikuti kegiatan magang untuk beberapa perusahaan memberikan uang saku. Meskipun nominalnya tidak sebesar gaji karyawan, setidaknya dengan uang itu membawa gebetan jalan. Hasil uang magang bisa digunakan untuk mengikuti pelatihan untuk menambah skill.

3. Menambah koneksi dan memperbesar kesempatan untuk kerja di tempat magang

Magang juga menjadi wadah untuk kita menambah koneksi. Memperbesar kesempatan kita untuk mendapat tawaran di tempat kerja tempat kita magang.

Selain itu, kita juga telah mengenalkan value kita kepada orang di tempat kita bekerja. Dan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan promosi.

4. Magang memberikan pengalaman yang sangat berharga

Ikut magang tidak hanya menambah koneksi, tapi juga memberikan kita pengalaman. Bagaimana kita berinteraksi di dunia profesional itu sangat dibutuhkan. Kita tidak bisa memperolehnya di bangku perkuliahan dan hal itu memang tidak diajarkan.

Hal tadi tentunya membuat insight baru tentang kerja praktek/ magang. Namun, hal tersebut juga tidak membuat kita akan telat mengerjakan skripsi.

Salah satu penyebab skripsi gak selesai-selesai adalah diri sendiri. Semangat para pejuang sarjana.

Jangan lupa nikmati saja prosesnya, karena hal bermanfaat akan memberikan efek positif.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait