Pengetahuan

4 Ciri-Ciri Balok Beton Yang Kuat

Taukah kamu bagaimana ciri beton yang kuat ? Emang bisa kelihatan

Nanda Fransiska15 Maret 2022

Bangunan, jalan dan jembatan menggunakan bahan beton untuk membuat bangunan berkualitas tinggi. Beton merupakan campuran dari agregat kasar dan halus yang mengering ketika bereaksi dengan air.

Definisi beton

Beton merupakan bahan penting dalam industri konstruksi yang penting untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan struktur.

Sifat balok beton kuat 

Sektor konstruksi selalu dikaitkan dengan material yang kuat untuk membuat bangunan kokoh dan mampu bertahan dari berbagai kondisi cuaca. Salah satu material yang umum digunakan adalah beton atau blok beton.

Fungsi balok beton untuk menyambung dinding, menopang struktur atap dan kolom, serta mentransfer beban bangunan ke kolom. Jenis kantilever beton dapat digunakan sebagai penyangga kanopi.

Balok beton bertulang

Ada dua jenis balok beton, yaitu balok beton bertulang dan balok beton tidak bertulang. Namun, ciri utama balok adalah cenderung menghasilkan gaya tekan maupun menghasilkan gaya tarik.

Ini akan menyebabkan balok beton retak jika gaya tarik melebihi kekuatan tarik diterapkan. Untuk mencegahnya, balok beton menerima tulangan yang disusun sedemikian rupa menurut aturan tertentu. Balok beton bertulang cenderung lebih tahan terhadap gaya tarik. Atau, balok beton dengan tulangan dapat diartikan lebih kuat dari balok beton tanpa tulangan.

Ciri-ciri balok beton yang kuat

Untuk bangunan bertingkat, balok beton juga digunakan sebagai pelat lantai. Balok beton berfungsi sebagai penguat horizontal yang dapat menahan beban tarik dan tekan. Balok beton memiliki fungsi yang penting, sehingga harus benar-benar kuat.

1. Penampilan yang kuat

Balok beton yang kuat mempunyai kenampakan yang dapat dilihat tidak hanya pada tulangan tetapi juga pada keawetannya. Pada dasarnya durabilitas suatu balok beton berbanding lurus dengan kekuatan balok beton tersebut.

Semakin tinggi resistansi, semakin kuat balok beton. Mengingat beton merupakan bahan bangunan yang akan digunakan dalam waktu yang sangat lama, maka secara dapat memperpanjang umur pakainya.

2. Memiliki sifat padat

Blok beton yang sangat baik memiliki sifat padat dan tidak berubah bentuk. Artinya tidak ada rongga atau ketidaksempurnaan pada balok beton yang dapat menimbulkan pori-pori.  Pastikan balok beton terisi dengan rapat dan bebas dari rongga dan cacat.

Rongga dan balok beton yang cacat cenderung lebih lemah bila digunakan sebagai bahan bangunan. Pilih balok beton yang kokoh tanpa rongga. Semakin padat balok beton, semakin tahan lama.

3. Tahan air dan tidak berpori

Kualitas balok beton unggulan selanjutnya adalah tahan air dan tidak keropos. Karena kepadatannya yang tinggi, udara tidak menembus balok beton.

Jika densitas balok beton tidak optimal, dapat terjadi porositas dan menurunkan kuat tekan balok beton. Penurunan kuat tekan beton akan berdampak pada penurunan durabilitas dan daya dukungnya.

4. Memiliki daya tahan yang baik

Keawetan yang baik harus ada pada balok beton yang berkualitas baik. Keawetan yang dimaksud adalah ketahanan terhadap perubahan suhu dan proses pelapukan yang dapat menurunkan mutu balok beton.

Dengan memilih balok beton yang tepat, bangunan akan lebih kuat dan tahan lama. Selain itu, paparan cuaca dan pelapukan dapat dihindari dengan memilih balok beton berkualitas.

Nah itu tadi merupakan pemaparan tentang ciri-ciri balok beton yang kuat secara visual. Gimana menurutmu?

Share:

0 Komentar