Pengetahuan

Menentukan Anak Timbangan Untuk Kalibrasi Timbangan dengan Metode OIML, UKAS dan METTLER TOLEDO

Hanya kurang dari 10 menit Anda bisa menentukan anak timbangan untuk kalibrasi timbangan

Pramudya Febrianto28 Juli 2022

Halo anak teknik, bagaimana cara menentukan anak timbangan untuk kalibrasi timbangan dengan metode International Organization Of Legal Metrology (OIML), United Kingdom Accreditation Service (UKAS) dan Mettler Toledo? 

Menentukan anak timbangan untuk kalibrasi sesuai metode masing-masing. Metode ini dapat diimplementasikan di dunia pekerjaan. Nah untuk mempersingkat tulisan ini, langsung saja kita bahas dibawah ini :

International Organization Of Legal Metrology (OIML)

OIML adalah sebuah organisasi antar pemerintah di seluruh dunia yang tujuan utamanya adalah untuk menyesuaikan peraturan dan kontrol yang diterapkan layanan metrologi nasional atau organisasi terkait dari negara anggota. Untuk menentukan anak timbangan dengan metode OIML harus memenuhi persamaan berikut :

Mencari ketidakpastian anak timbang standar

Dimana e adalah Verification scale interval, dengan nilai e=10.Resolution(mg)

Di bawah ini adalah tabel acuan pemilihan anak timbangan berdasarkan OIML R 111-1 Edisi 2004.

tabel acuan pemilihan anak timbangan berdasarkan OIML R 111-1 Edisi 2004
tabel acuan pemilihan anak timbangan OIML R 111-1 Edisi 2004

United Kingdom Accreditation Service (UKAS)

UKAS adalah badan akreditasi nasional di Negara Inggris, yang ditunjuk oleh pemerintah langsung untuk menentukan layanan organisasi legal untuk menyediakan sertifikasi, pengujian, inspeksi, dan kalibrasi.

Metode UKAS ini tidak memerlukan perhitungan matematis, cukup menyesuaikan timbangan melalui tabel dibawah ini :

tabel anak timbangan UKAS
Tabel anak timbangan UKAS

Mettler Toledo

Mettler Toledo adalah produsen timbangan dan instrumen analitik multinasional. Perusahaan ini menyediakan instrumen penimbangan kantor pusat di Columbus, Ohio Amerika Serikat. Perusahaan ini juga memberikan referensi penentuan anak timbangan untuk proses kalibrasi. Berikut persamaan berikut :

Di bawah ini adalah tabel untuk acuan pemilihan anak timbangan berdasarkan Mettler Toledo.

Contoh kasus menentukan anak timbangan

Setelah mengenal OIML, UKAS dan Mettler Toledo, selanjutnya kita mencoba cara menggunakan dengan melihat contoh kasus. Dimana no. 1 sebagai contoh dan untuk no.2 silahkan dikerjakan dan komen pada kolom komentar di bawah ini untuk jawabannya.

1. Tentukanlah anak timbangan untuk kalibrasi semua timbangan yang ada di Lab Quality Control pada PT. Pharmaceutical Engineering dengan metode OIML, UKAS dan Mettler Toledo, dimana timbangan memiliki kapasitas 500 g, dengan resolusi 0.001 g ?

Menentukan anak timbang dengan metode International Organization Of Legal Metrology (OIML)

Diketahui

  • Kapasitas = 500 g
  • Resolusi timbangan = 0,001 g = 1 mg

Maka :

ketidakpastian anak timbangan standar
 

   

   

   

   

   

     

Berdasarkan Tabel OIML R 111-1 Edisi 2004, maka kelas anak timbangan untuk kalibrasi timbangan pada Lab Quality Control di PT. Pharmaceutical Engineering adalah kelas “F1”.

Menentukan anak timbang dengan metode United Kingdom Accreditation Service (UKAS)

Diketahui :

  • Kapasitas = 500 g
  • Resolusi timbangan = 0,001 g = 1 mg

Berdasarkan Tabel UKAS, maka kelas anak timbangan untuk kalibrasi timbangan pada Lab Quality Control di PT. Pharmaceutical Engineering adalah kelas “E2”.

Menentukan anak timbang dengan metode Mettler Toledo

Diketahui :

  • Kapasitas = 500 g 
  • Resolusi timbangan = 0,001 g

    

Berdasarkan Tabel Mettler Toledo, maka kelas anak timbangan untuk kalibrasi timbangan pada Lab Quality Control di PT. Pharmaceutical Engineering adalah kelas “E2”.

2. Tentukanlah anak timbangan untuk kalibrasi semua timbangan yang ada di lab Quality Control pada PT. Pharmaceutical Engineering dengan metode OIML, UKAS dan Mettler Toledo, dimana timbangan memiliki kapasitas 50 Kg, dengan resolusi 0.5 g?

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait