Pengetahuan

5 Alasan Kenapa Fresh Graduate Susah Dapat Pekerjaan

5 alasan kenapa fresh graduate susah dapat pekerjaan. No. 4 sudah terlalu sering ditemui oleh perusahaan

Fresh graduate saat ini pasti sedang atau sudah mengalami masa-masa sulit mencari pekerjaan. Ada yang mudah dan langsung diterima bekerja, ada juga yang sudah mengirim lamaran di berbagai macam perusahaan tapi belum dapat juga.

Ada yang terhenti di seleksi administrasi dan paling jauh juga gagal di tes wawancaranya. Lantas apa alasannya kok bisa gagal berulang kali?

Ada berbagai macam faktor yang membuat fresh graduate susah dapat pekerjaan, bisa saja faktor dari internal ataupun perusahaan yang dituju. Lalu apa saja alasannya?

Secara umum penulis sudah mengulas tentang 5 alasan kenapa fresh graduate susah dapat pekerjaan, berikut adalah ulasannya :

mencari pekerjaan
Ilustrasi Pekerjaan (freepik.com/ijeab)

1. Minim Skill

Kurang skill atau kemampuan bisa saja menjadi faktor utama penyebab kalian susah dapat pekerjaan. Kemampuan disini meliputi kemampuan keras dan lunak kalian dimana biasanya kemampuan seperti ini bisa kalian pelajari saat masih berstatus seagai mahasiswa.

Biasanya perusahaan pertama kali menilai kemampuan kalian dari berkas administrasi seperti CV atau portofolio yang kalian kirimkan, kemudian jika semisal perusahaan tertarik maka kalian akan lolos ke tahap selanjutnya. Jika kalian beruntung kalian akan lolos ke tahapan wawancara dimana kalian akan “mempertanggung jawabkan” apa yang kalian punya.

Pada sesi wawancara inilah pihak perusahaan akan benar-benar menilai kalian baik dari segi attitude hingga kemampuan kalian. Jadi bagi kalian yang saat ini sedang dalam proses mencari pekerjaan maka persiapkan diri kalian sebaik mungkin ya.

2. Kurang Pengalaman

Kurang pengalaman juga akan menjadi faktor paling penting dalam hal melamar pekerjaan. Biasanya perusahaan akan merekrut karyawan yang berpengalaman karena tentunya mereka akan lebih kompeten dibanding para fresh graduate.

Namun biasanya karyawan yang berpengalaman akan susah untuk didapatkan dan ketika mereka meminta fasilitas lebih kepada perusahaan semisal salary yang lebih tinggi, tunjangan, dll. Disinilah kesempatan fresh graduate terbuka lebar untuk bisa direkrut perusahaan.

Syaratnya adalah fresh graduate ini harus sudah punya pengetahuan dan setidaknya sedikit pengalaman tentang posisi pekerjaan yang dilamar. Pengetahuan dan pengalaman itu bisa kalian dapatkan dengan mengikuti seminar, kelas online, ataupun training bersertifikat yang diakui oleh perusahaan.

Berbagai tempat sering mengadakan kelas online ataupun training yang bersertifikat ini, salah satunya di laman www.anakteknik.co.id  atau bisa kalian cari kontaknya di akun sosial medianya yang sering mengadakan berbagai macam kelas online dan training bersertifikat di bidang keteknikan.

3. Kurang Membangun Networking

Kurang networking atau jaringan juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa fresh graduate itu susah dapat pekerjaan. Jaringan disini yang dimaksud adalah kenalan atau koneksi yang bisa memberikan info kalian sebagai fresh graduate tentang lowongan pekerjaan yang ada.

Penyebabnya simple, karena jika kalian kurang jaringan membuatmu mendapatkan info tentang lowongan pekerjaan sabfat sedikit atau bahkan tidak ada. Internet memudahkan kalian bisa mencari informasi apapun yang berhubungan dengan posisi yang kalian lamar ataupun perusahaan impian. Namun tetap saja kalian butuh seseorang yang lebih berpengalaman di dunia kerja atau bahkan kompeten di bidangnya.

Koneksi ini bisa siapa saja, bisa dosen kalian di kampus, kakak tingkat sejurusan yang sudah bekerja, teman seangkatan, atau bahkan teman lain jurusan. Siapa saja bisa kalian jadikan koneksi untuk mencari info pekerjaan lebih enak lagi kalau seseorang yang kalian kenal bisa diajak diskusi tentang sebuah pekerjaan.

4. Terlalu Idealis

Idealis boleh-boleh saja namun jika berlebihan justru menyebabkan kalian susah dapat pekerjaan. Mengapa demikian? Biasanya fresh graduate beranggapan kalau dirinya menyandang gelar sarjana sehingga ketika bekerja harus dapat pekerjaan yang enak dengan gaji tinggi dan akibatnya kalia jadi pemilih dalam hal melamar pekerjaan.

Realitanya tidak seperti itu kan. Perusahaan juga akan berpikir berulang kali jika mau merekrut fresh graduate dengan jabatan tinggi yang tinggi dan gaji selangit.

Kelebihan fresh graduate adalahg memiliki semangat kerja dan ambisi nya masih tinggi-tingginya namun jika posisi dan gaji yang diinginkan hampir atau malah menyamai dengan seorang karyawan yang sudah berpengalaman, perusahaan lebih memilih karyawan berpengalaman karena bisa diandalkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

5. Kurang Perhatikan Kualifikasi

Kualifikasi pekerjaan juga bisa saja menjadi alasan kalian susah mendapatkan pekerjaan. Setiap posisi pekerjaan pastinya memiliki kualifikasi yang berbeda-berbeda.

Kualifikasi meliputi pendidikan, IPK, pengalaman, hingga usia maksimal pelamar. Jadi bagi kalian fresh graduate jika ingin melamar pekerjaan maka perhatikan juga kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Jangan sampai gagal hanya gara-gara masalah administrasi.

Demikianlah ulasan tentang 5 alasan kenapa fresh graduate susah dapat pekerjaan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian para fresh graduate yang sedang dalam proses mencari pekerjaan. Like jika kalian suka artikel ini dan komen tentang artikel apa lagi yang ingin dibahas. Terima Kasih.

Share:

0 Komentar