Pengetahuan

5 Kebiasaan Negatif Fresh Graduate yang Bikin Susah Diterima Bekerja

Jika kalian fresh graduate, Tinggalkan 5 kebiasaan negatif ini agar tidak susah diterima bekerja

Prayogi Donny Dharmawan19 September 2021

Jika kamu seorang fresh graduate, sudah seharusnya memikirkan bagaimana cara agar kamu bisa cepat diterima bekerja dibidang apapun itu. Berbagai cara dilakukan seperti memperbanyak portofolio, bukti prestasi, pengalaman magang dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun seringkali fresh graduate tidak pernah memikirkan ada beberapa kebiasaan yang dapat menghambat proses kamu dalam hal mencari pekerjaan dan kurang cocok jika masih dilakukan setiap saatnya.

Kebiasaan negatif fresh graduate

Kebiasaan yang negatif tentu berdampak bagi fresh graduate, tentunya perusahaan tidak mau jika ada karyawannya memiliki kebiasaan negatif ini. Lalu apa sajakah kebiasaan itu? Berikut ulasan tentang 5 kebiasaan negatif fresh graduate yang bikin susah diterima bekerja.

1. Terlalu pemilih

Memilih pekerjaan tentu sudah menjadi keharusan, karena kamu harus menyesuaikan kualifikasi pekerjaan dengan kemampuan dan bidang keilmuan yang kamu miliki. Namun ada beberapa fresh graduate yang terlalu memilih-milih pekerjaan atas dasar yang kurang masuk akal seperti pekerjaan tidak sesuai dengan keinginan misalnya. Hal inilah yang dapat membuatmu susah mendapatkan pekerjaan. 

Tidak ada salahnya jika kamu melamar pekerjaan sesuai dengan minatmu dan posisi jabatan yang kamu inginkan, namun kamu juga harus memahami jika untuk mencapai pekerjaan dan posisi yang strategis dalam perusahaan itu perlu adanya proses dan pengalaman kerja yang tidak sebentar tentunya. Perusahaan memiliki kriteria dan pertimbangan khusus dalam hal menerima pelamar yang fresh graduate jadi tidak semudah mendapatkan apa yang kamu mau. 

Bagi yang mempunyai banyak pengalaman selama kuliah besar kemungkinan bisa saja mendapatkan pekerjaan impiannya, lalu bagaimana dengan fresh graduate yang kurang pengalaman? Kamu akan kalah berkompetisi dengan teman-temanmu yang mempunyai lebih banyak pengalaman tentunya. Lebih baik kamu memilih pekerjaan dengan posisi yang belum terlalu tinggi namun ada jenjang karirnya, karena suatu saat dapat berkembang di kemudian hari.

2. Tidak konsisten

Jika kamu memiliki  minat dan hobi selama berkuliah bisa saja hal itu yang mendatangkan pekerjaan di masa depan. Contohnya ada fresh graduate yang suka dengan  bidang desain, selama berkuliah ia terus konsisten membuat desain dan akhirnya dapat menghasilkan pemasukan dari bidang desain. Maka jika selama ini terbiasa masih inkonsistensi, mulai lakukan hal tersebut secara konsisten karena siapa tau hal yang kamu lakukan tadi dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah ke kantong kamu.

3. Tidak dapat menghargai

Menghargai apa saja yang telah dilewati dan didapatkan itu sangat penting. Karena dari sanalah kamu dapat bersyukur atas segala apa saja yang telah kamu lakukan. Hal-hal kecil yang kamu lakukan secara konsisten bisa saja menjadi sumber mata pencaharian di kemudian hari.

Saat ini banyak sekali profesi yang mungkin dianggap remeh oleh sebagian orang namun bisa menjadi sumber pemasukan bagi orang lain. Contohnya saja orang bermain game, mungkin jaman dulu ketika seseorang bermain game akan di pandang sebelah mata oleh orang-orang. Seiring dengan perkembangan zaman banyak sekali gamers yang bisa menjadi jutawan di era modern saat ini. 

Kuncinya adalah jangan pernah menganggap remeh pekerjaan dan tetap lakukanlah sesuatu yang bernilai positif secara konsisten karena suatu saat pasti ada yang menghargai apa yang kamu lakukan hari ini.

4. Tidak disiplin

Tidak disiplin merupakan kebiasaan negatif yang seharusnya kamu tinggalkan dan buang jauh-jauh. Jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan maka kamu akan berlatih untuk berdisiplin mulai dari dirimu. Disiplin dalam hal waktu, belajar hal baru, dan dalam hal semangat mencari pekerjaan. 

Pekerjaan impian tidak mudah didapatkan, namun dengan ketekunan dan disiplin yang tinggi bukan tidak mungkin pekerjaan itu diraih. Kuncinya adalah perbaiki dirimu dahulu agar suatu saat mendapatkan panggilan wawancara kerja bisa meyakinkan perusahaan. Tentu disiplin ini tidak mudah dilakukan, tapi mulai sekarang cobalah mulai dari sesuatu hal yang kecil dulu. 

5. Terlalu banyak bercanda

Bercanda boleh-boleh saja asal dalam porsi yang pas, celakanya banyak sekali fresh graduate yang terkesan masih sering “bercanda” dan tidak serius dalam hal mencari pekerjaan. Kebiasaan inilah yang harus kamu tinggalkan jika ingin mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Pasalnya perusahaan tidak sembarangan memilih karyawan yang tidak serius dalam hal pekerjaannya. 

Keseriusan menjadi salah satu kunci kamu sukses dalam hal apapun, karena dengan itu kamu bisa fokus dan gigih dalam mencapai tujuan kamu. Jadi pastikan kamu serius dalam mencari dan melamar pekerjaan karena nanti waktu wawancara pasti keseriusan kamu dalam bekerja akan dipertanyakan.
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait