Pengetahuan

5 Kebiasaan Positif yang Wajib Dimiliki Mahasiswa

Inilah 5 kebiasaan positif yang wajib kalian miliki sebagai mahasiswa, sudahkah kalian memilikinya? Cek ulasannya

Prayogi Donny Dharmawan18 September 2021

Setiap manusia pasti memiliki kebiasaan-kebiasaan yang timbul akibat pengulangan aktivitas. Contohnya seperti jika seseorang setiap hari bekerja maka timbul kebiasaan yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu seperti tidak bisa konsentrasi kalau belum minum kopi terlebih dahulu, bekerja dengan mendengarkan musik, bekerja dengan makan cemilan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam kebiasaan ada 2 hal yang membedakannya yaitu positif dan negatif. Untuk kebiasaan positif haruslah dipertahankan atau bahkan ditingkatkan lagi, sedangkan untuk kebiasaan yang negatif haruskah dikurangi atau bahkan dihilangkan selamanya agar hidup kita lebih baik lagi di kemudian hari.

Kebiasaan positif untuk mahasiswa

Apakah mahasiswa apakah kebiasaan positif ini penting? Tentu saja sangat penting agar kehidupan pribadi dan kuliah kalian lebih tertata dan baik lagi kedepannya. Ada berbagai macam kebiasaan positif yang bisa kalian lakukan dengan tujuan agar kamu menjadi mahasiswa yang disiplin, produktif, dan sebagainya. 

Lalu apa sajakah kebiasaan positif untuk mahasiswa? Berikut ulasannya tentang 5 kebiasaan positif yang wajib dimiliki mahasiswa :

1. Bangun pagi

Bangun pagi menjadi salah satu kebiasaan positif yang sangat sulit dilakukan oleh seorang mahasiswa terutama di fakultas-fakultas tertentu seperti mahasiswa teknik ini. Namun percaya atau tidak bangun pagi bisa membuat kalian lebih produktif dan mudah mendapatkan peluang-peluang yang bisa kalian manfaatkan. 

Ada pepatah mengatakan bangun kesiangan nanti rezekinya dipatok ayam, istilah ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar akan tetapi ketika bisa memulai hari dengan lebih awal (pagi) maka banyak waktu yang bisa dipakai untuk melakukan aktivitas yang positif. Contohnya adalah untuk berolahraga, masak makanan bergizi, dan lain-lain. Kebiasaan bangun pagi juga akan berdampak pada kesehatan tubuh karena saat pagi hari kualitas oksigen masih bagus tanpa adanya polusi.

2. Ringan tangan

Ringan tangan bisa berarti mudah membantu dan mudah memberi. Sama halnya kebiasaan yang sebelumnya, kebiasaan ini bisa kalian latih karena selain memberikan dampak positif pada orang lain, dampaknya pun bisa kalian rasakan baik secara langsung atau tidak langsung. 

Sewaktu mahasiswa, kebiasaan ini bisa dilatih mulai dari hal yang kecil seperti sering membantu acara gotong royong di lingkungan sekitar. Dengan begitu kamu akan dinilai positif oleh para tetangga sehingga jika nantinya kalian butuh bantuan pasti banyak orang yang akan membantu kalian. Konsep seperti inilah yang dinamakan konsep take and give

3. Disiplin waktu

Disiplin waktu merupakan salah satu kebiasaan yang sering diabaikan. Sejujurnya kebiasaan ini menjadi salah satu kebiasaan yang sulit dilakukan. 

Disiplin waktu ini bisa kalian latih dengan tidak menunda-nunda pekerjaan pekerjaan yang ada sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Contohnya saja dalam hal mengerjakan tugas, kalian ingin mengerjakannya setelah makan dulu sedangkan untuk makan pun kalian masih suka menunda-nunda dengan alasan yang tidak jelas seperti magerlah, tidak ada temenlah, dan yang lainnya. 

Sehingga pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan menjadi tidak selesai. Hal ini lah yang menjadi salah satu faktor kebiasaan disiplin waktu ini susah sekali diterapkan pada kehidupan seorang mahasiswa

4. Membuat prioritas

Jika sudah bisa membiasakan diri untuk disiplin waktu selanjutnya adalah dengan membuat skala prioritas dalam jangka pendek (1 hari itu saja) atau bahkan panjang. Membuat skala prioritas bisa dimulai dengan hal-hal kecil mulai dari kegiatan setelah bangun tidur, kuliah, nugas, hingga nongkrong sampai malam pun bisa di buat skala prioritasnya. 

Setiap orang tentu berbeda-beda prioritasnya jadi jangan pernah membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain. Tentukan prioritas hidup kalian maka hidup kalian akan menjadi jauh lebih baik lagi.

5. Mengerjakan pekerjaan sesuai deadline

Kebanyakan mahasiswa seringkali ngaret dalam hal pekerjaan baik yang sifatnya tugas kuliah, pekerjaan organisasi, ataupun pekerjaan yang lainnya. Hal ini diakibatkan mahasiswa yang lalai terhadap deadline yang sudah ditentukan. Kebiasaan mengerjakan sesuai deadline ini sangat penting dilakukan jika ingin hidup kalian lebih baik lagi karena kebiasaan ini bisa berpengaruh di kehidupan karir kalian di perusahaan. 

Salah satu cara meningkatkan kebiasaan ini antara lain adalah dengan menentukan skala prioritas dari setiap pekerjaan yang diberikan. Kebiasaan ini masih ada hubungannya dengan kebiasaan yang sebelumnya di atas. Dengan skala prioritas kalian dapat memilih pekerjaan mana dulu yang harus kalian kerjakan. 

 

Demikianlah ulasan tentang 5 kebiasaan positif yang wajib dimiliki mahasiswa agar hidupnya bisa disiplin dan lebih terencana untuk masa depannya. Like jika kalian suka dan komen untuk ide artikel yang berikutnya. Terima kasih
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait