Fun Fact

5 Keuntungan Bagi Mahasiswa yang Aktif Organisasi

Keuntungan-keuntungan yang didapat mahasiswa ketika aktif dalam berorganisasi

Untuk mahasiswa yang telah aktif organisasi pasti sudah paham hanya dengan membaca judulnya saja. Ya judul artikel ini adalah 5 keuntungan bagi mahasiswa yang aktif organisasi.

Bagi mahasiswa baru mungkin artikel bisa menjadi salah satu alasan dalam hal bergabung dan aktif di organisasi karena tentu banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan oleh kalian yang aktif di dalam organisasi baik intra ataupun ekstra kampus.

Langsung saja berikut 5 keuntungan yang akan kalian dapat ketika aktif berorganisas:

  1. Memperluas Jaringan

Keuntungan yang pertama adalah kalian bisa memperluas jaringan kalian dengan bersosialisasi dengan teman-teman baru. Kalian juga berpeluang berteman dengan mahasiswa jurusan lain atau bahkan dari kampus lain.

Nah dari sana kalian bisa melakukan sharing-sharing tentang apapun dan pasti kalian akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda dari tiap orang karena perbedaan latar belakang mereka tadi.

Jaringan yang kalian bangun ini juga akan berguna ketika kalian dalam kesulitan semisal ketika mengerjakan tugas yang sulit maka kalian bisa minta diajari oleh teman yang bisa dan lebih paham.

Mungkin kalian juga bisa memanfaatkan jaringan yang kalian dapat untuk mencoba peluang baru misalkan saja berbisnis yang nantinya akan mendapat keuntungan dari jaringan yang kalian bangun.

  1. Ilmu tentang keorganisasian

Penting sekali memahami cara sebuah organisasi itu bekerja. Karena banyak hal yang terjadi di organisasi akan kalian temui dalam dunia kerja juga.

Contohnya bagaimana mengatur orang yang banyak untuk mewujudkan visi dan misi, lalu ada bagaimana kerja tim yang baik dan benar, dan masih banyak lagi pelajaran berharga yang bisa kalian ambil untuk dijadikan pengalaman karena pelajaran terbaik adalah dari pengalaman bukan.

Selain contoh diatas kalian juga perlu memperhatikan bagaimana organisasi dapat berjalan dengan lancar dan apabila ada masalah apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya.

  1. Leadership

Mungkin sudah banyak sekali buku-buku yang membahas tentang kepemimpinan, atau bahkan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. Lalu bagaimana kalau kalian semua tahu tentang hal itu tapi tidak pernah ada kesempatan untuk mempraktekkannya.

Di organisasi lah leadership kalian akan terbentuk dan diuji untuk bagaimana kalian menghadapi perbedaan, tekanan, dan banyaknya masalah yang datang bertubi-tubi. Leadership ini juga akan berguna ketika kalian masuk ke dunia kerja.

Atasan kalian tentu akan memberikan nilai lebih bagi kalian yang berpengalaman dalam hal organisasi khususnya memiliki kemampuan leadership ini.

  1. Public Speaking

Keuntungan yang berikutnya adalah kalian dapat meningkatkan kemampuan berbicara di hadapan orang banyak yang akan berguna juga ketika kalian sudah lulus dan bersiap masuk ke dunia kerja.

Kemampuan ini mungkin bisa kalian pelajari dari mana saja seperti buku, internet, dll. Namun kemampuan ini sebenarnya adalah kemampuan yang hanya bisa di kuasai seseorang dengan melakukan latihan secara terus-menerus.

Salah satu wadahnya yaitu organisasi, karena di dalam organisasi kalian akan belajar mengemukakan pendapat dan tentu saja akan memaksa kalian untuk berbicara yang lebih dan berbobot daripada kebiasaan kalian ketika sedang berbicara sehari-hari.

  1. Team Work

Selanjutnya adalah kerja sama atau bekerja sebagai tim. Kemampuan ini bisa kalian latih di sini karena organisasi dapat berjalan hanya dengan kerja sama dari orang-orang yang ada di dalamnya.

Sama seperti perusahaan yang berjalan dengan lancar karena adanya kerja sama antar bidangnya. Jika kemampuan ini kalian latih dan kembangkan maka kalian akan dengan mudah bekerja dengan siapa saja dan dimana saja. Kalian juga pasti akan mendapatkan nilai plus dari calon atasan apabila melamar pekerjaan nanti ketika sudah lulus kuliah.

Share:

0 Komentar