Opini

Hati-hati, 10 Kebiasaan Negatif Mahasiswa yang Menghambat Perkuliahan

Hati-hati, kebiasaan negatif ini akan berdampak buruk dan menghambat bagi mahasiswa dalam perkuliahan dan dunia kerja

Kecanggihan teknologi saat ini melahirkan kemudahan yang bisa dirasakan oleh mahasiswa. Banyak sekali peluang dan kesempatan yang bisa diambil oleh mahasiswa dalam proses kuliah. Banyak sekali kegiatan positif yang bisa dijalani oleh mahasiswa untuk pengembangan diri. 

 

Ilustrasi mahasiswa yang memiliki kebiasaan negatif (buruk) | pexels.com (cottonbro)

Bukan hanya melalui kegiatan saja, kebiasaan positif yang dilakukan mahasiswa akan berdampak bagi keberhasilan dalam perkuliahan kamu.

Namun demikian, masih saja ada hambatan yang membuat perkuliahan menjadi lebih sulit. Naasnya lagi, hambatan ini malah terjadi karena kebiasaan negatif yang dimiliki oleh mahasiswa. 

Maka dari itu perlu ada pembahasan kebiasaan negatif apa saja yang dapat menghambat proses perkuliahan mahasiswa. 

1. Tidak disiplin

Kebiasaan negatif ini sangat luas cakupannya. Kebanyakan mahasiswa sangat tidak disiplin terhadap waktu dan diri mereka sendiri. Perlu adanya manajemen waktu sekaligus diri untuk bisa mempermudah kamu dalam hal kuliah.

Ada beberapa cara untuk melatih kedisiplinan namun perlu praktik dan latihan terus menerus.

2. SKS

Kebiasaan Sistem Kebut Semalam sangat sulit dihilangkan pada mahasiswa jaman sekarang. Dimana mahasiswa baru akan mengerjakan tugasnya setelah mendekati batas akhir pengumpulan yang diberikan.

Contohnya ketika ada tugas yang harus di hari minggu. Parahnya lagi baru dikerjakan beberapa jam sebelum deadline. 

3. Suka begadang

Sepertinya kebiasaan ini sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa fakultas teknik. Sebenarnya jika ingin mengerjakan tugas maka bisa dilakukan di siang hari tidak perlu menunggu malam hari.

Sayangnya, banyak mahasiswa yang tidak mampu mengatur waktu nya sebaik mungkin. Banyak sekali yang menghabiskan waktu siang-malam nya dengan kegiatan lainnya ketimbang mengerjakan tugas. 

4. Bangun siang

Kebiasaan ini merupakan dampak dari kebiasaan negatif sebelumnya, yaitu suka begadang. Bagaikan 1 paket, mahasiswa yang begadang tidak bisa dipisahkan dengan bangun yang kesiangan.

Hal ini bisa menghambat perkuliahan kamu, bagaimana dengan mata kuliah di jam pagi yang harus kamu hadiri? Ataupun mungkin kegiatan lainnya yang jauh lebih produktif?

Bangunlah lebih pagi agar jauh lebih produktif jika dibandingkan dengan bangun siang. 

5. Perfeksionis

Kebiasaan ini bisa menjadi penghambat kamu dalam hal memulai mengerjakan sesuatu. Contohnya ketika mendapatkan tugas dari dosen, maka kamu akan membutuhkan waktu lama untuk berpikir sebelum mulai mengerjakan tugas tersebut.

Belum lagi jika tugas sudah selesai maka kamu akan berkali-kali mereview karena takut salah. Seharusnya kerjakan saja tugas itu semaksimal mungkin.

Masalah hasil akhir biarkan dosen yang menilai. Bisa saja ketakutan kamu tidak terjadi. Jika terjadi kesalahan-kesalahn kecil maka perbaikilah. Jadikan itu itu sebagai bagian dari proses dan pembelajaran yang harus dilalui.

6. Foya-foya

Sesekali refreshing dan menikmati dunia luar pun tidak masalah dan memang diperlukan. Yang jadi masalah kalau terlalu sering maka akan berakibat buruk pada perkuliahan kamu.

Kamu akan kehilangan gairah belajar, terlalu banyak memikirkan nongkrong dan foya-foya di luar tugas utama kamu yaitu kuliah. Jadi bijaklah menjalani keduanya, jangan sampai kehilangan prioritas yang kamu miliki.

7. Menyepelekan

Pernahkah sebagai mahasiswa kamu menyepelekan sesuatu hal terutama yang berhubungan dengan kuliah? Jika pernah, maka berhati-hatilah sebab hal ini bisa jadi kebiasaan negatif untuk kamu.

Kebiasaan negatif ini biasanya dimulai dari hal yang kecil dulu bisa dari sering menunda pekerjaan, menyepelekan waktu, hingga merambat ke hal-hal yang jauh lebih besar nantinya. Maka dari itu jangan pernah menyepelekan sesuatu hal meskipun kelihatannya itu hal kecil. Sebab, efeknya akan terasa dikemudian hari jika kebiasaan ini terus dibiarkan

8. Suka TA

TA merupakan singkatan dari Titip Absen. Kebiasaan ini bisa menjadi karakter kita di kemudian hari. Kebiasaan berbohong ini bisa terbawa sampai tua bisa jadi masih melekat di diri kamu.  

Mungkin jika di dunia perkuliahan efeknya belum terasa, bagaimana jika di dunia kerja? Kamu bukan hanya memanipulasi data kehadiran melainkan kamu bisa saja tidak dipercaya lagi oleh perusahaan. Jadi pastikan kebiasaan negatif ini tidak kamu lakukan. Lebih baik mencegah ketimbang mengobati.

9. Pasif

Jika pada saat masa sekolah kamu pasif dalam pembelajaran, maka ketika kamu kuliah hilangkan kebiasaan pasif. Dalam perkuliahan maka kamu akan membutuhkan keaktifan untuk menjalani perkuliahan seperti pembelajaran ataupun menjalin relasi.

Dalam dunia kuliah kamu harus bisa mempersiapkan diri untuk memasuki ke dunia kerja. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak relasi agar memudahkan kamu dalam bekerja.

10. Scroll Medsos

Kamu tim rebahan? Seharian rebahan diiringi dengan scroll media sosial secara terus menerus? Jika iya maka kurangilah sedikit demi sedikit  karena bisa mengurangi produktivitas kamu.

Bayangkan waktu yang dihabiskan untuk rebahan, dan bagaimana dampaknya jika itu dikonversi ke dalam kegiatan yang lebih produktif untuk kuliah kamu. Jadi mulai sekarang kurangilah kebiasaan ini secara perlahan. 

Demikianlah ulasan tentang 10 kegiatan negatif mahasiswa yang dapat menghambat perkuliahan. Like jika kamu suka dan tinggalkan komentar untuk ide artikel selanjutnya. Cari artikel lainnya hanya anakteknik.co.id
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait