Industri

Kenali Perbedaan Internship, Part Time, dan Full Time di Dunia Kerja

Kenali perbedaan internship, part time, dan full time di dunia kerja untuk mahasiswa atau fresh graduate sedang mencari pekerjaan

Dunia kerja memiliki berbagai istilah yang perlu diketahui. Penting sekali mengenal berbagai macam istilah di dunia kerja agar tidak salah dalam memahami informasi dari perusahaan.

Bagi kamu yang masih berstatus mahasiswa ataupun fresh graduate wajib hukumnya memahami istilah-istilah tersebut sebagai bekal masuk ke dunia kerja.Sebagian dari kamu sudah sering mendengar istilah Internship, part time, dan full time.

Namun sudahkah kamu memahami arti dan perbedaan yang mendasar dari ketiga istilah diatas? Jika belum mari kita bahas bersama di bawah ini :

Internship

Istilah ini biasa disebut dengan magang. Jika di lingkungan kampus magang biasa disebut juga dengan PKL (Praktik Kerja Lapangan). Sebenarnya magang pun memiliki banyak sebutan lainnya, namun pada proses nya sama saja.

Peserta magang akan ditempatkan pada suatu perusahaan dengan tujuan untuk menimba ilmu serta pengalaman kerja. Biasanya magang menjadi mata kuliah yang harus diambil mahasiswa sebagai syarat kelulusannya.

Periode yang dijalani oleh peserta magang juga beragam ada yang 1, 3, 6, atau bahkan 12 bulan. Tergantung dari ketentuan yang diterapkan oleh kampus dan perusahaan yang akan ditempati.

Jam kerjanya pun biasanya mengikuti jam operasional perusahaan secara penuh tanpa lembur.

Dengan mengikuti program internship ini kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran. kamu bukan hanya bisa meningkatkan hard skill kamu, namun soft skill kamu akan meningkat.

Part Time

Istilah ini biasa juga dikenal sebagai bekerja paruh waktu atau setengah waktu. Pada prinsipnya program ini sama dengan bekerja secara normal, perbedannya adalah waktu bekerjanya.

Jam kerja normal itu memiliki waktu 8 jam, namun pada program ini hanya butuh 4-6 jam dalam sehari. Ketentuan jam kerja berdasarkan kontrak pekerja dengan perusahaan yang bersangkutan.

Jika kamu mahasiswa, pekerjaan ini dijadikan peluang untuk lebih produktif dan mendapatkan penghasilan.

Pada perkembangannya, kamu bisa pekerjaan ataupun membangun usaha di sela-sela kesibukan kuliah. Penulis sudah merangkumnya dalam 5 jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa.

Full Time

Istilah ini biasa dikenal juga dengan bekerja penuh waktu. Artinya pekerja akan bekerja dengan waktu penuh sesuai kesepakatan dengan perusahaan. Jam kerja nya pun biasanya 40 jam dalam seminggu dan sekitar 8 jam dalam sehari.

Pekerja penuh waktu menuntut kamu agar fokus dan konsentrasi pada pekerjaan yang diberikan. Untuk mahasiswa akan mengalami kesulitan mengatur waktu dan jam kerja. Pekerjaan ini lebih cocok untuk fresh graduate yang memang sedang mencari pekerjaan.

Demikianlah artikel tentang istilah internship, part time, dan full time dalam dunia kerja. Baca juga artikel lainnya di laman ini. Terima kasih
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait