Pengetahuan

Teknologi Digital dan Manfaatnya untuk Kehidupan Manusia

Apa itu teknologi digital serta manfaatnya bagi kehidupan manusia

Perkembangan zaman membuat banyak kemajuan yang bisa dirasakan manusia. Salah satu kemajuan yang sangat pesat yaitu perkembangan dunia teknologi ke arah digital. Teknologi digital ini kian marak di aplikasikan ke dalam kehidupan manusia sehari-hari. 

Lantas apa itu teknologi digital?

Teknologi digital

Teknologi merupakan sebuah alat untuk memudahkan segala pekerjaan manusia. Digital adalah suatu sistem yang memproses informasi berupa kode digital atau nilai-nilai numerik. Dari pengolahan informasi tersebut, didapatkan hasil yang akan ditampilkan ke dalam teknologi. 

Salah satu contoh kemajuan teknologi digital ini bisa dilihat pada bidang komunikasi. Saat ini kita bisa merasakan panggilan video (video call), zoom meeting, smart tv, dan masih banyak lagi.

Manfaat teknologi digital

Suatu teknologi dibuat untuk tujuan memudahkan segala pekerjaan manusia. Dengan perkembangannya saat ini, teknologi sudah mengarah ke dunia digital. Dalam dunia digitalm manusia semakin dimanjakan dengan fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Berikut beberapa bidang yang sudah mengaplikasikan teknologi digital yang saat ini marak digunakan.

1. Bidang pendidikan

Dalam dunia pendidikan teknologi digital sudah sangat masif diterapkan. Dalam beberapa tahun belakangan ini banyak menerapkan pembelajaran daring. Pembelajaran ini dapat dilakukan menggunakan zoom meeting, google meet, atau classroom.

Kegiatan seperti absensi dan mengirim jawaban sudah bisa dilakukan secara online.

2. Bidang perbankan

Teknologi digital banyak sekali melakukan perubahan sistem serta metode yang berhubungan dengan keuangan. Contohnya saat berbelanja sudah memakai metode pembayaran transfer maupun barcode.

Pembayaran dapat dilakukan secara otomatis. Jika tidak membawa uang cash, hadir dompet digital yang memudahkan kegiatan manusia.

3. Bidang kesehatan

Dalam bidang ini, banyak kemudahan yang dirasakan oleh pasien maupun tenaga kesehatan. Dahulu, untuk berobat ataupun berkonsultasi dengan dokter maka pasien datang ke rumah sakit.

Berkat kemajuan teknologi, semua itu bisa dilakukan dirumah dan bermodalkan smartphone. Untuk tenaga kesehatan, pendataan rekam medis semakin mudah.

4. Bidang informasi dan komunikasi

Kemajuan teknologi digital paling bisa kelihatan dalam bidang ini. Mengapa demikian, informasi dan komunikasi ini membuat banyak bidang terintegrasi. Salah satu contoh adanya smartphone yang bisa digunakan untuk mengakses sosial media.

Dengan sosial media membuat informasi dan komunikasi semakin mudah dilakukan dan cepat diterima. Kecanggihan berkirim kabar, berita online, hingga kejadian di belahan dunia lain bisa diketahui dengan cepat.

5. Bidang perdagangan

Dengan smartphone, bidang perdagangan ataupun usaha juga ikut merasakan manfaatnya. Dahulu, manusia berdagang secara konvensional. Pembeli datang untuk bertransaksi secara tunai. Zaman sekarang, perdagangan atau usaha bisa dilakukan secara online.

Kemajuan teknologi digital memudahkan penjual dan pembeli dalam bertransaksi jual beli. Pembeli bisa membeli barang yang bagus dengan harga yang relatif lebih murah. Jika ada biaya yang dikeluarkan mungkin hanya biaya pengiriman barang.

Maka dari itu, bidang ini menjadi salah satu yang memberi manfaat besar saat ini.

Demikian ulasan dari kemajuan teknologi digital dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari manusia. Tentunya masih banyak lagi bidang-bidang yang merasakan manfaat dari adanya teknologi digital ini. Tugas kita sebagai manusia sekarang adalah menggunakan teknologi ini sebaik mungkin. 
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait