Fun Fact

Fitur-Fitur Pada AC Yang Belum Kamu Ketahui

AC hanya berfungsi sebagai pendingin ruangan saja? Tunggu dulu tunggu dulu, mending baca dulu deh tulisan berikut

Putra Andi Kolala14 Februari 2022

Sebagian besar dari kamu mungkin menggunakan Air Conditioner (AC) hanya sebatas sebagai pendingin ruangan (cooling) saja, yang mana ini merupakan salah satu fitur yang ditawarkan oleh AC. Di samping itu, terdapat fitur-fitur lain yang mungkin kamu belum tau atau mungkin ga tau sama sekali. Berikut penjelasannya.

Pada remote control AC terdapat tombol-tombol yang mungkin kamu ga pernah pake selain adjusting temperatur menggunakan tombol + dan – (simbol naik turun lainnya). Umumnya, fitur AC pada remote control terdapat Mode, Fan, Swing dan Turbo.

Mode

Mode merupakan fitur untuk mengatur jenis kerja AC. Terdapat beberapa mode dalam AC diantaranya: 

  • Cool Mode merupakan mode yang sering digunakan untuk mendinginkan ruangan. Dimana kompresor akan menyala untuk mendorong udara dingin ke ruangan. Ketika temperatur sudah tercapai kompresor akan mati, dan fan akan tetap berjalan.
  • Fan Mode merupakan mode yang berfungsi sebagai kipas angin pada umumnya. Meskipun lu-lu pada nurunin temperatur pada mode ini, tetap ga akan turun karena kompresornya nggak nyala.
  • Dry Mode merupakan mode untuk mengurangi kelembapan udara di dalam ruangan dengan cara menghidupkan dan mematikan kompresor di waktu yang singkat. Di sisi lain, kipas tetap berjalan di kecepatan yang rendah. Gunakan mode ini paling tepat ketika sedang musim hujan, karena mampu menurunkan kelembaban udara. Sebab, udara saat itu mengandung kadar air yang tinggi.
  • Heat Mode merupakan mode kebalikan dari cool mode. Di Indonesia sih jarang banget pake mode ini kecuali di daerah-daerah dingin (pegunungan).
  • Auto Mode merupakan mode otomatis, mirip dengan Cool Mode tapi bekerja secara otomatis aja.

Fan

Fan merupakan kipas yang berfungsi untuk meniupkan udara yang dihasilkan oleh AC. Kecepatan fan terbagi atas tiga, yakni:

  • Low berfungsi untuk fan bekerja pada kecepatan rendah.
  • Medium berfungsi untuk fan bekerja pada kecepatan sedang.
  • High berfungsi untuk fan bekerja pada kecepatan tinggi.

Kalau mau tau kecepatan rpm-nya berapa, lu baca data sheet dari produknya aja ye.

Swing

Swing berfungsi untuk mengatur arah aliran udara yang dihasilkan AC.

Turbo

Turbo berfungsi untuk mencapai temperatur yang diinginkan lebih cepat (dalam waktu yang singkat). Fitur ini menggunakan kompresor dan fan pada kondisi optimal sehingga membutuhkan energi yang besar.

Di samping fitur-fitur utama tersebut, terdapat fitur-fitur lain seperti timer, sleep, eco dan banyak lagi tergantung dari produk AC mana yang kamu beli.

Begitulah tentang fitur-fitur AC yang mungkin kamu belum pada tau. Semoga tulisan gue ini dapat membawa lu-lu pade menuju kesesatan yang benar. Thank u for read my articles.

Share:

0 Komentar