Pengetahuan

Kenapa AC Selalu Diletakan di Atas Ruangan?

AC dipakai untuk mengkondisikan udara dalam ruangan. Seringkali AC selalu diletakan di atas ruangan. Dan kenapa AC selalu diletakan di atas?

 Sebagian pembaca masih penasaran "kenapa sih AC tempatnya di atas? kenapa ga di bawah aja?" bukan cuma pembaca saja yang penasaran, saya dulu juga begitu. yuk simak kisah AC kenapa dia diletakkan di atas.

kenapa ac selalu diletakan di atas ruangan

Air Conditioning untuk mengkondisikan udara

AC merupakan singkatan dari Air Conditioning. Sesungguhnya, AC mempunyai fungsi untuk mengkondisikan udara pada  ruangan agar ruangan tersebut lebih nyaman digunakan oleh manusia. AC bisa juga berfungsi untuk mendinginkan mesin, misalnya ruangan server. Ruangan server berisi komponen-komponen elektronik yang tidak boleh overheat, maka peran AC sangat dibutuhkan untuk mendinginkan komponen tersebut.

Lantas kenapa AC ditempatkan di atas? Dulu saya berpendapat bahwa AC kalau diletakkan di bawah besar kemungkinan ia terkena banjir, tertendang, kemasukkan serangga, dan hal lainnya. Pandangan awam seperti ini tidaklah begitu buruk karena masih dapat diterima akal sehat (hahaha). Namun pendapat tersebut jauh dari kata akurat (tidak relevan dengan konsep science), yang sebenarnya terjadi adalah karena perbedaan massa jenis (rho).

Di dalam suatu ruangan yang bersirkulasi, terdapat 2 gas zat yang mempunyai massa jenis yang berbeda. Beri saja nama mereka udara panas dan udara dingin. udara panas memiliki massa jenis yang lebih ringan dibanding massa jenis udara dingin. Hal ini dapat dianalogikan dengan matches (korek api). 

Analogi korek api

Api yang dihasilkan oleh matches memiliki massa jenis yang lebih ringan dibanding massa jenis udara yang disekitarnya (lingkungan). Begitu juga dengan AC, ruangan yang awalnya panas, lalu tertiup udara dingin oleh AC maka udara dingin akan berpindah dari atas ke bawah dan udara panas berpindah dari bawah ke atas. 

Hal ini disebabkan karena perbedaan massa jenis udara yang telah disebutkan. Proses ini berlangsung secara terus-menerus dan berulang (cyclic). "Emangnya kalo AC ditaruh di bawah ga bisa apa?" Jawabannya tentu bisa, akan tetapi keefektifannya dalam 'mengkondisikan ruangan' menjadi hilang. Berdasarkan fenomena yang telah dipaparkan, Jika AC berada dibawah maka, udara dingin akan selalu berada di bawah dan udara panas akan selalu berada di atas sehingga tidaknya adanya proses sirkulasi udara. 

Oleh karena itu, AC ditempatkan di atas agar dapat menyentuh seluruh ruangan, supaya nyaman di isi oleh manusia ataupun objek lainnya. 

Nah, sekarang pembaca sudah tahukan alasan AC ditempatkan di atas. Jangan sampai lupa lho (hahaha). Semoga tulisan saya ini dapat membawa pembaca menuju kesesatan yang benar. Terimakasih sudah membaca.

Share:

0 Komentar