Fun Fact

Melihat Sisi Gelap dari Keberadaan Turbin Angin

Sisi Gelap Dari Turbin Angin yang menyebabkan depopulasi hewan

Putra Andi Kolala3 September 2021

Pembangkit listrik energi terbarukan merupakan alternatif pembangkit yang memanfaatkan sumber energi terbarukan. Hal ini dapat lo baca pada tulisan gue sebelumnya 7 Jenis-Jenis Pembangkit Listrik Energi Terbarukan

Salah satu dari energi terbarukan yakni Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) pembangkit listrik ini memanfaatkan energi kinetik angin untuk menggerakkan baling-baling atau sudu yang satu poros dengan generator. Alat yang digunakkan bernama turbin angin.

Kali ini, gue akan mencoba membahas tentang kisah pilu atau sisi gelap dari turbin angin itu sendiri, serta sedikit membahas pertimbangan dalam mengeksekusi pembangunan turbin angin

Sifat dari turbin angin

Kita tahu bahwa turbin angin bersifat low emission atau zero emission dalam menghasilkan listrik dibanding pendahulunya, terlepas dari proses produksinya. Akan tetapi ada beberapa sisi gelap yang mungkin lo pada belum tahu, terkhususnya turbin angin onshore.

Faktor Ekologi

Ekologi merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang interaksi anatr makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya, serta lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini turbin angin mempunyai impact yang besar terhadap linkungan.

  • Perubahan Rute Jalur Migrasi

Dengan adanya keberadaan turbin angin, membuat burung-burung (aves) dan kelelawar (mamalia) merubah jalur migrasi mereka. Sehingga mereka mencari alternatif rute lain dalam menempuh migrasi.

  • Penurunan Populasi Hewan

Hal ini merupakan bagian terkelam dalam topik ini. Menurut Scott R. Loss dalam suatu publikasi ilmiahnya “Estimates of bird collision mortality at wind facilities in contiguous United States” menyatakan bahwa 234.000 ekor burung terbunuh oleh turbin angin setiap tahunnya, beberapa spesies yang sangat terdampak diantara eagles (elang) dan hawks (rajawali).

Dengan penambahan turbin angin ini secara terus menurus US Fish and Wildlife Service mengestimasikan bahwa potensi burung terbunuh oleh turbin angin mencapai 1,4 juta ekor burung kedepannya.

Sumber: https://opticsmag.com/hawk-vs-eagle/
Hawk dan Eagle

Contoh lain berada pada Alameda dan Contra Costa Hills, khususnya The Altamont Pass di Amerika Serikat. Disini merupakan habitat dari 100 spesies burung.

Menurut Alameda County mengestimasikan bahwa 35 Golden Eagle terbunuh oleh turbin angin di Altamont pada tahun 2013. Dimana Golden Eagle merupakan hewan yang dilindungi negara, keberlanjutan situasi ini menyebabkan Golden Eagle akan mengalami kepunahan yang cepat.

Sumber: https://www.bbc.com/news/uk-scotland-south-scotland-54370110
Golden Eagle
  • Tambahan

Pada saat konstruksi turbin angin offshore, noise dari konstruksi dianggap sebagai sebuah ancaman oleh ikan dan mamalia laut sehingga mereka terpaksa untuk mencari habitat yang baru.

Pertimbangan

Untuk meminimalisir hal tersebut beberapa peniliti, ekologis dan aktivis lingkungan memberikan saran dalam membangun turbin angin ini diantara:

  • Melakukan penelitian yang proper, contoh 30 turbin angin dibuat jadi 1 turbin angin saja dengan daya yang dihasilkan sama, sehingga tidak merusak ekologi.
  • Berhati-hati dalam memilih site pembangunan turbin angin.
  • Mitigasi dari noise konstruksi.

Kesimpulan dari sisi gelap turbin angin

Begitulah kira-kira sisi gelap dari turbin angin. Meskipun begitu, ada beberapa hal dari turbin angin yang memberikan dampak positif, yang mungkin akan gue kisahkan dalam tulisan selanjutnya.

Tulisan ini merupakan gambaran umumnya, untuk lebih rincinya kita bisa diskusi dikolom komentar. Semoga tulisan gue ini dapat membawa pembaca menuju kesesatan yang benar. Thank u for read my articles.

Share:

0 Komentar