Teknologi

5 Perangkat Keras Untuk Membuat Robot Line Follower

5 hardware yang dibutuhkan untuk membuat robot line follower. Mau tahu apa sajakah itu?

frans25 Januari 2022

Pengertian robot line follower

Robot line follower adalah robot kategori mobile yang dirancang untuk beroperasi secara otonom. Robot ini dapat mendeteksi dan melacak garis permukaan.

Sistem kendali yang digunakan dibuat untuk mengenali jalur garis yang dibuat dan bergerak masuk ke orbit.  Umumnya pembuatan robot berguna untuk keperluan penelitian, kompetisi, dan industri.

Kegunaan robot line follower

Seiring dengan berkembangnya zaman, robot ini banyak diminati oleh mereka yang baru belajar robotika. Salah satu alasan karena tingginya permintaan robot pelacak garis.

Hal ini menyebabkan potensi pengembangannya di masa depan masih sangat tinggi. Terutama jika menggunakan teknik pelacakan garis dasar.

Dalam perkembangannya, bus kota tidak akan membutuhkan pengemudi. Semuanya akan  ditempatkan secara sistematis di sepanjang robot dengan waktu yang tetap.

Sensor akan terus memberikan data ke pusat kendali, dan teknologi penghindaran tabrakan tambahan. Dengan kelalaian orang yang mengemudi, jumlah kecelakaan yang terjadi dapat dikurangi.

5 Hardware robot line follower 

1. Sensor

Robot line follower bekerja dengan mengikuti garis, maka perlu menggunakan sensor. Dia menggunakan sensor cahaya untuk bisa membaca garis di depannya.

Sensor ini terdiri dari photodiode dan LED. Seperti halnya manusia untuk dapat melihat atau membaca sebuah garis.

2. Controller

Sama seperti mausia, robot juga memiliki otak. Ini biasanya disebut pengontrol. Tugas controller adalah mengontrol, menerima, dan memproses perintah yang masuk (input). Selanjutnya, perintah dikirimkan ke hasil (output) untuk dieksekusi. Ada banyak jenis pengontrol, salah satu yang paling populer adalah Arduino

3. Aktuator atau Penggerak

Hayo, siapa yang menebak komponen yang dibutuhkan untuk membuat robot berperan sebagai aktuator? Ya, motor DC. Tugas motor DC adalah menggerakkan roda pengikut garis.

Motor DC juga merupakan jenis motor yang mudah dikendalikan. Satuan kecepatan motor DC adalah rpm (putaran per menit). Sedangkan kecepatan motor dapat bervariasi tergantung pada jenis roda yang digunakan.

4. Chasis

Chasis atau rangka robot ini tidak begitu penting. Anda dapat membuat desain chasis sendiri sesuai dengan desain robot yang Anda rancang.

Bahan chasis juga bermacam-macam. Umumnya chasis menggunakan bahan akrilik. Selain kuat dan tidak mudah pecah, tampilannya juga lebih eye catching.

5. Baterai

Apa yang terjadi jika robot Anda siap tetapi baterainya kosong? Kayaknya gak bisa dipacking, hehe. Nah, baterai berguna sebagai pemasok kebutuhan listrik. Sebab pengontrol, sensor, aktuator dan semua komponen elektronik butuh listrik untuk bergerak.

Itulah 5 perangkat keras yang harus ada dalam pembuatan robot line follower

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait