Teknologi

6 Rekomendasi Daftar Aplikasi Desain PCB Terbaik

Yuk simak artikel ini agar kamu dapat Rekomendasi Daftar Aplikasi Desain PCB Terbaik

frans3 Februari 2022

Daftar aplikasi PCB terbaik

  1. Eagle Autodesk
  2. Lab Center Proteus
  3. Altium
  4. KiCad EDA
  5. Driptrace
  6. EasyEDA

Papan sirkuit tercetak atau PCB adalah papan sirkuit elektronik yang menggantikan peran kabel. Tujuannya untuk menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya. Artikel ini menyajikan daftar aplikasi terbaik untuk desain PCB menggunakan laptop atau PC

Baca juga : 12 Kesalahan Umum Dalam Pembuatan PCB Yang Tidak Kamu Sadari

Pembuatan PCB

Desain PCB membutuhkan pengetahuan sistem operasi setiap komponen elektronik. Membuat papan sirkuit menyesuaikan tingkat kesulitannya.

Ada banyak komponen yang digunakan dalam pembuatan PCB. Berikut adalah beberapa aplikasi terbaik untuk membuat PCB

1. Autodesk EAGLE

Autodesk Eagle merupakan aplikasi untuk desain PCB yang sebelumnya dikembangkan oleh cadsoft. Namun, sekarang menjadi salah satu produk Autodesk bernama EAGLE 2016/2017.

Banyak perusahaan elektronik besar yang menggunakan Autodesk Eagle untuk membuat desain PCB. Untuk alasan ini, kami merekomendasikan penggunaan EAGLE untuk membuat dan mendesain PCB.

2. Lab Center Proteus

Proteus adalah aplikasi simulasi yang memungkinkan kamu mendesain tata letak PCB. Tentu saja, keunggulan Proteus juga terletak pada simulasi.

Selain simulasi desain PCB,  Proteus juga bisa untuk simulasi elektronik. Dengan begitu, memungkinkan kamu untuk menguji sirkuit sebelummerancang atau mencetak PCB.

Namun, kekurangannya adalah bagian perpustakaan Proteus tidak sebaik Eagle. Walau begitu, perangkat lunak Proteus memudahkan pembuatan library.

3. ALTIUM

Pada website Altium muncul simbol Arduino. Ada kemungkinan papan PCB Arduino didesain menggunakan aplikasi Altium. Jika ini benar tidak ada salahnya kamu menggunakan Altium untuk mendesain PCB. tapi saya sendiri belum pernah menggunakan Altium.

4. KiCad EDA

Aplikasi desain PCB ini juga tidak kalah populer dari ketiga aplikasi lainnya. Kita juga bisa melihat hasil desain PCB 3D menggunakan KiCad EDA.

5. DipTrace

Diptrace merupakan aplikasi pembuatan PCB yang mampu membuat model 3D. Oleh sebab itu, dapat mencegah komponen yang tumpang tindih.

DIpTrace juga memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. Maka, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan aplikasi DipTrace untuk membuat layout PCB.

6. EasyEDA

EasyEDA adalah aplikasi desain PCB berbasis online dan offline. Aplikasi ini berbasis web sehingga tidak perlu menginstal aplikasi di komputer atau laptop. Yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan pengguna dan mulai mendesain papan sirkuit.

Silakan coba. Itu mungkin satu-satunya rekomendasi untuk aplikasi desain PCB. Jika kamu memiliki sesuatu untuk didiskusikan, silakan komentar di bawah.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait