Teknologi

Apa itu MCB ? dan Fungsinya dalam Keseharian

Apa itu MCB ? Cari tahu apa itu MCB beserta fungsinya

frans5 Maret 2022

Sampai saat ini mungkin banyak orang yang belum mengetahui apa itu MCB. Padahal, kebanyakan orang sudah familiar dengan switch, speedometer, dan lain sebagainya. Selain itu, komponen kelistrikan ini memiliki desain yang berbeda di beberapa daerah.

Orang biasanya memiliki desain sendiri untuk membuatnya lebih mudah diucapkan. Ada banyak elemen dalam dunia kelistrikan itu sendiri yang perlu dipahami. Ada tegangan arus listrik dengan banyak satuan mulai dari ampere, volt hingga watt. Selain itu, perangkat berguna jika terjadi peristiwa yang tidak terduga seperti korsleting.

Biasanya kebanyakan orang mengandalkan orang yang ahli di bidang kelistrikan. Hal ini untuk menghemat waktu dan mencegah hal-hal yang tidak perlu.

Selain memanggil ahli untuk menjaga keamanan. Tentu, Anda merasa aman ketika masalah ini diselesaikan oleh ahlinya, bukan? Apa elemen terpenting dari listrik? Apakah itu komponen yang memiliki fitur keselamatan, setidaknya jika arus keluar dari kendali? Karena itu, Anda juga perlu memahami detail MCB. Itu bagian penting, fitur dan manfaatnya sangat bagus.

Seperti apa bentuk MCB?

Mungkin banyak yang masih bertanya-tanya apa itu MCB dan seperti apa bentuknya.

Miniatur Circuit Breaker atau MCB adalah komponen yang berfungsi sebagai rumah untuk perangkat keamanan bangunan. Biasanya, semua bangunan berlistrik membutuhkan MCB.

Komponen ini biasa disebut sebagai speedometer di beberapa tempat dan berbentuk seperti tabung. Di dalamnya ada beberapa kabel yang membawa tegangan ke rumah. Selain itu, ada beberapa simbol atau deskripsi yang memiliki tujuan tertentu. Misalnya, simbol C huruf besar untuk informasi tegangan ampere.

Selain itu, perhatian khusus harus diberikan pada kabel dalam jangka waktu tertentu. Hal ini dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan kabel akibat putusnya kabel fiber optik. Karena itu, jika sudah berumur beberapa tahun, silakan lakukan pemeriksaan rutin. Ini juga menghilangkan semua bagian MCB dari kotoran seperti debu.

Tanyakan kepada ahli listrik Anda tentang hal ini. Selain membersihkan kotoran, mintalah perawatan. Apakah komponen tersebut rusak. Jika demikian, segera minta penggantian komponen agar MCB dapat menjaga tegangan saluran.

MCB bertindak sebagai pemutus aliran tegangan tinggi

Setelah tahu seperti apa komponen MCB, kita perlu memahami apa yang dilakukannya selanjutnya.

Secara umum, MCB memiliki kemampuan untuk memblokir aliran jika tegangan terlalu tinggi. Komponen ini memiliki ambang batas arus yang dapat ditarik untuk mencegah kelebihan beban.

Aliran yang berlebihan dapat menyebabkan korsleting listrik. Hal ini juga menyebabkan gedung terbakar karena banyaknya korsleting tak terbatas. Oleh karena itu, semua bangunan membutuhkan komponen ini untuk mencegah kabel instalasi menjadi terlalu panas.

MCB lebih umum digunakan daripada sekering karena unggul dalam menghidupkan dan mematikan tegangan. Selain itu, lebih aman karena tingkat kepekaannya juga banyak sekering. Selain itu, fungsi MCB adalah mengubah posisi dari off menjadi on hanya saat power dimatikan karena overheating.

MCB juga dipengaruhi oleh jumlah poles yang tersedia. Misalnya, ada tiga kutub. Ini berarti memastikan tiga arus. Oleh karena itu, lebih banyak kutub menunjukkan tingkat keamanan frasa tegangan arus. Anda dapat meminta ahli untuk menanyakan tentang arus tegangan. 

Pengoperasian MCB dengan fungsi pemutus arus lebih

MCB dengan fungsi pemutus arus lebih. Jadi bagaimana cara kerjanya?

Secara umum, ada dua metode yang digunakan ketika arus terputus karena kelebihan beban. Salah satunya adalah perjalanan magnetik dan yang lainnya adalah perjalanan termal. Keduanya membutuhkan kondisi tertentu. Trip magnetik terjadi ketika ada hubungan pendek antara frase dan kabel netral. Karena hubungan ini, menghasilkan medan magnet yang besar dan kuat, dan tegangan besar mengalir ke solenoida. Kemudian dorong batang untuk membuka kontak dan ubah posisi menjadi mati atau mati.

Thermal trip adalah kondisi operasi MCB yang memanfaatkan karakteristik unik bimetal. Menjadi mudah bengkok saat terkena panas tegangan tinggi. Dalam kondisi normal, bimetal lurus dan bengkok saat terkena panas. Bimetal kemudian secara otomatis memutus arus dan mematikan posisi.

Kami menantikan banyak artikel tentang apa yang MCB adalah, dan bahkan lebih banyak artikel menarik di masa depan. Terima kasih. Mari bertemu kembali.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait