Pengetahuan

Apa Itu Potensiometer : Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Kalau kamu sering oprek elektronika pastinya tau komponen ini. Tapi akankah kamu tau lebih detail tentang potensiometer.

frans20 April 2022

Definisi Potensiometer

Potensiometer adalah resistor yang resistansinya dapat diubah atau diatur sesuai kebutuhan rangkaian elektronik. Potensio adalah keluarga resistor dan termasuk dalam kelompok resistor variabel.

Potensiometer terdiri dari tiga terminal, terminal wiper yang berfungsi sebagai penghapus, dan dua terminal yang ada diujung.

Potensiometer juga dikenal sebagai pot. Umumnya, potensiometer terdiri dari elemen resistensi melingkar dan wiper pusat. Elemen resistansi potensiometer biasanya terbuat dari karbon, sermet, plastik, kawat resistansi, dan daun logam.

Fungsi potensiometer

Pada dasarnya, potensiometer bertindak sebagai pembagi tegangan variabel. Ada banyak aplikasi sederhana untuk menggunakan potensiometer.

Dalam peralatan elektronik, potensiometer digunakan sebagai pengatur volume peralatan audio atau video.  Potensiometer juga biasa digunakan dalam berbagai pengaturan peredupan (sirkuit peredupan), kontrol tegangan atau arus catu daya (generator DC).

Dengan kemampuannya mengubah nilai hambatan, potensiometer sering digunakan pada rangkaian elektronika berikut :

  1. Sebagai pengatur volume
    Berbagai peralatan audio atau video seperti amplifier, equalizer, oscilloscope, kaset mobil, dan pemutar DVD. 2. Sebagai pengatur tegangan dan arus pada rangkaian catu daya
  2. Sebagai pembagi tegangan
  3. Digunakan di sirkuit triac
  4. Sebagai kontrol level sinyal
  5. Digunakan sebagai joystick converter

Jenis potensiometer

Beberapa jenis potensiometer yang umum ditemui, seperti potensiometer putar, digital, rheostat, dan geser. Berikut ini adalah penjelasan dari jenis-jenis potensiometer.

1. Potensiometer manual

Potensiometer manual dibagi menjadi dua jenis: potensiometer gerak putar (rotary potentiometer) dan potensiometer gerak geser (slide potentiometer).

Potensiometer putar

Potensiometer putar adalah jenis potensiometer yang paling umum digunakan pada peralatan listrik. Tahanan dari potensiometer putar dapat diatur dengan memutar wiper sepanjang track. Penghapus potensiometer putar biasanya memiliki tuas yang dapat digerakkan secara melingkar.

Potensiometer geser

Potensiometer geser adalah potensiometer yang resistansinya dapat diatur dengan penggeser. Biasanya, gunakan ibu jari Anda untuk menggerakkan wiper. Potensiometer geser juga dikenal sebagai potensiometer geser, fader, atau potensiometer linier.

2. Potensiometer Digital

Potensiometer digital adalah komponen elektronik yang dikendalikan secara digital. Potensiometer digital biasanya digunakan untuk memotong dan mengukur sinyal analog dari mikrokontroler. Potensiometer digital biasanya dikontrol melalui komunikasi digital I2C dan SPI.

3. REOSTAT

Rheostat adalah resistor variabel dua terminal yang mendukung arus tinggi dan tegangan tinggi. Potensiometer juga dapat digunakan sebagai rheostat atau resistor variabel tunggal.

Cara terbaik untuk menggunakan rheostat dengan memasang terminal wiper dengan ujung salah satu terminal. Hal ini untuk mencegah wiper rusak atau hilang kontak akibat pengaruh kotoran, dll.

Ingin lebih tau dalam berbagai materi tentang dunia teknik. teman-teman dapat mengikuti Live Training atau E-Course dengan potongan harga yang tentunya menarik. Yuk ikut Live Training tau E-course di anak teknik melalui link berikut ini

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait