Pengetahuan

Apasih itu PCB : Sejarah, Jenis-Jenis, dan Fungsinya?

Taukah kamu apa itu PCB? Jenis ,bahkan bahannya?

frans12 Maret 2022

Alat elektronik tentu tidak bisa bekerja tanpa adanya aliran listrik. Arus mengalir ke perangkat elektronik melalui sirkuit perangkat elektronik dengan kompleksitas.

Papan sirkuit tercetak dirancang untuk mengatur sirkuit kompleks dengan lebih baik. Tanpa papan sirkuit, sirkuit perangkat elektronik akan tidak teratur. Apa sebenarnya PCB itu, mengapa begitu penting, dan apa bahan serta jenisnya?

Apa pengertian PCB

PCB adalah singkatan dari printed circuit board. Dalam bahasa Inggris, PCB sering diartikan sebagai printed circuit board atau papan sirkuit. 

Kegunaannya untuk menghubungkan komponen perangkat elektronik ke lapisan jejak konduktif.

Menurut Wikipedia, papan sirkuit tercetak disebut papan sirkuit tercetak. Papan sirkuit yang berbeda dengan sirkuit logam menghubungkan komponen elektronik yang sama secara nirkabel. Biasanya diproduksi secara massal untuk keperluan elektronik atau listrik.

Sejarah PCB

Melihat catatan masa lalu, papan sirkuit tercetak telah ada dselama beberapa dekade.

Pada tahun 1936 dengan seorang pria bernama Paul Eisler, seorang ilmuwan Austria. Dia diyakini telah menemukan PCB. Paul Eisler pertama kali menggunakan PCB untuk menghubungkan sirkuit elektronik radio sederhana.

Baru pada akhir 1943 Amerika Serikat menggunakan teknologi PCB ini. Pada saat itu, Amerika Serikat menggunakannya di radio militer, tetapi tentu saja ada kebutuhan lainnya.

Pada tahun 1948, tiga tahun setelah Perang Dunia II, PCB mendapat perhatian publik. Saat itu, banyak perusahaan AS mulai menggunakan PCB dalam berbagai produk komersial.

Fungsi PCB

PCB memainkan peran yang hampir tak tergantikan dalam pembuatan produk elektronik. Tingkat keamanan yang praktis menjadikan PCB masih digunakan hingga saat ini.

Jadi apa saja fitur sebenarnya dari PCB? Secara umum, ada beberapa fitur PCB yang bisa dilihat dari berbagai perangkat elektronik.

PCB adalah tempat semua komponen elektronik ditaruh dalam perangkat listrik. Memungkinkan Anda menginstal dan mengatur setiap pembersih komponen.

Papan sirkuit tercetak secara akurat terhubung ke berbagai jenis komponen, apakah itu jenis komponen yang sama atau berbeda. Ini juga menghubungkan komponen aktif dan pasif.

PCB bertindak sebagai alat pengganti kabel untuk membantu menghubungkan berbagai komponen. Oleh karena itu, keberadaan papan sirkuit membuat rangkaian lebih efisien.

Selain itu, keberadaan papan sirkuit juga mengatur setiap sirkuit dengan lebih baik. Bayangkan apa yang akan terjadi tanpa papan sirkuit. Bagaimana kabel perangkat elektronik berserakan. Tentu saja, sangat berbahaya untuk menerima kerusakan.

Lapisan PCB dan bahannya

1. Lapisan dasar (papan)

Dalam papan sirkuit tercetak, lapisan pertama atau papan aberbahan FR2 dan FR4 (FR = flame retardant).

Perbedaannya adalah FR2 terbuat dari kertas yang diresapi dengan resin fenol formaldehida. Bahan FR4 terdiri dari kain tenun fiberglass yang dilapisi dengan resin epoksi.

2. Lapisan Tembaga (Tembaga)

Selanjutnya, ada lapisan tembaga atau tembaga di atas lapisan papan. Pada lapisan ini, bahannya terdiri dari perekat khusus.

Jenis papan sirkuit dapat dibedakan dengan jumlah lapisan tembaga ini. Jika papan sirkuit satu sisi, itu hanya terdiri dari satu lapisan tembaga.

Papan sirkuit dua lapis (kedua sisi) terdiri dari dua lapisan tembaga, dan terdiri dari banyak lapisan tembaga. Untuk papan sirkuit cetak multi-layer, mereka baru saja tersedia.

3. Solder resist coating satu tingkat di atas

Lapisan tembaga adalah lapisan penahan solder. Lapisan ini membantu melindungi kawat tembaga.

Oleh karena itu, lapisan penahan solder hanya ada di area yang tidak disolder. Biasanya ditandai dengan warna hijau atau biru, tetapi beberapa papan memakai warna lain.

4. Layar sutra

Ini adalah lapisan atas. Namun, lapisan ini tidak menutupi seluruh papan sirkuit. Lapisan ini hanya dalam bentuk simbol. Anda dapat menggunakan angka atau huruf untuk simbol.

Tujuannya hanya untuk mempermudah analisis perakitan atau komponen. Lapisan ini biasanya berwarna hitam atau putih.

Jenis PCB

Berdasarkan jumlah lapisan

Berdasarkan jumlah lapisan aitu terdapat tiga jenis yaitu PCB single-layer (satu sisi) dan PCB double-layer (dua sisi) dan PCB multi-layer (multi-layer). PCB single-layer biasanya digunakan untuk sirkuit elektronik sederhana dan murah.

Berdasarkan fleksibilitas

Karena papan sirkuit tercetak juga fleksibel, maka dapat dibagi menjadi tiga jenis. Ada PCB kaku atau PCB yang tidak bisa ditekuk atau dilipat.

Ada papan sirkuit fleksibel yang dapat ditekuk dan disesuaikan. Dan ada pula Rigid-Flex PCB.
 
Selain berdasarkan dua hal di atas, jenis PCB  masih bisa dibedakan dari spesifikasi dan material basisnya.

Untuk jenis spesifikasi, terdapat PCB konvensional dan PCB penghubung kepadatan tinggi (High Density Interconnect). Sedangkan menurut material basis-nya yaitu FR4, logam dan keramik.

Apa yang kamu ketahui tentang PCB?

Share:

0 Komentar