Pengetahuan

Apasih Penyebab Korsleting Listrik di Dalam Rumah?

Korsleting Listrik? Pastinya kalian pernah mendengar atau melihat kan ? Sebenarnya apa yang menyebabkan terjadinya korsleting listrik

frans14 Maret 2022

Korsleting listrik adalah hubungan pendek listrik yang terjadi secara tiba-tiba karena perbedaan arus dan tegangan. Hal ini memungkinkan arus mengalir melalui sistem tertutup dengan hambatan listrik berkurang.

Semakin kecil hambatannya maka semakin besar arus yang mengalir, jika tidak dicek akan menghasilkan panas dan berpotensi kebakaran.

Untuk mengatasi konsleting di rumah, Anda perlu mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya. Yuk simak di bawah ini penyebab korsleting listrik dan solusinya!

Penyebab korsleting listrik

1.Hubungan pendek karena korsleting

Penyebab korsleting listrik yang pertama adalah hubungan arus pendek pada peralatan listrik. Hubungan arus pendek ini disebabkan oleh kerusakan oleh hewan kecil seperti cicak dan tikus.

Kabel pemasangan mungkin terlepas karena keropos, atau mungkin digigit tikus dan sejenisnya.

2. Air

Hubungan arus pendek bisa terjadi jika stop kontak atau soket lampu terkena air dari atap bocor. Kebocoran menyebabkan korsleting pada catu daya dan membahayakan rumah Anda.

3. Kabel instalasi berpori

Kabel dan isolator instalasi yang keropos juga dapat menyebabkan korsleting di dalam rumah.

4. Kabel listrik kecil

Menggunakan kabel listrik yang kecil juga menjadi penyebab terjadinya korsleting. Ini karena kawat memanas lebih cepat ketika arus besar dilewatkan melalui kawat kecil.

5. Peralatan listrik non-standar

Berikutnya, korsleting listrik di rumah adalah peralatan listrik yang tidak standar. Karena tidak sesuai dengan standar, kemungkinan korsleting listrik akan terjadi.

6. Colokan tumpukan

Korsleting listrik bisa disebabkan oleh colokan yang tersangkut di sekitar rumah. Jika terlalu banyak stopkontak, listrik akan memanaskannya. Suhu terjebak dalam steker dan korsleting.

Pastikan koneksi kabel di rumah Anda rapi dan tidak berantakan. Solder atau isolasi kabel di rumah agar sambungan kabel terlihat rapi. Selain rapi, juga dapat mencegah terjadinya korsleting di rumah.

Cara mengatasi korsleting listrik

1. Penggantian bohlam

Jika lampu menyebabkan korsleting, cukup ganti bohlam lama dengan yang baru. Jika bola lampu lama mati, buka dan masukkan bola lampu baru. Bohlam adalah penyebab utama korsleting karena arus putus atau rusak. 

2. Ganti stopkontak dengan yang baru

Jika korsleting listrik terjadi karena masalah soket, cukup buka soket dengan obeng nirkabel atau pin uji. Setelah melepaskan stopkontak, lepaskan semua kabel di stopkontak dan kupas ujung kabel. Kemudian ganti saja soket lama dengan yang baru.

3. Hubungi spesialis perbaikan listrik

Jika korsleting tidak terjadi dari stopkontak atau lampu, Anda dapat menghubungi teknisi listrik. 

Cara mencegah korsleting listrik

Ada beberapa cara untuk menghindari korsleting di rumah.

  • Gunakan kabel standar SNI
  • Periksa kompatibilitas kabel
  • Batasi beban listrik
  • Gunakan pipa untuk menghindari korsleting.
  • Mengganti komponen MCB.
  • Gunakan alat-alat listrik berkualitas baik.

Nah, ini adalah artikel yang membahas tentang penyebab korsleting listrik. Menurut Anda, apakah penyebab korsleting listrik?

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait