Pengetahuan

Mengenal Karakteristik dan Fungsi Aki Mobil

ACCU atau aki adalah komponen utama sumber listrik pada mesin kendaraan Anda. Apakah Anda tau apa fungsinya ? Yuk simak artikel berikut ini

frans7 Februari 2022

Karakteristik ACCU atau aki

ACCU atau aki merupakan tempat untuk menyuplai tenaga listrik pada mesin mobil.

Fungsi aki adalah sebagai tempat penyimpan listrik sebagai sarana dalam penggunaan komponen mobil. Mobil membutuhkan baterai agar mesin dapat berjalan.

Fitur pada aki mobil

Berikut adalah keseluruhan fitur baterai yang ingin Anda pahami:

1. Pasokan energi

Baterai mobil adalah ruang garasi dinamis untuk tenaga listrik. Baterai atau ACCU menjalani metode elektrokimia dengan reversibel (setiap arah, bolak-balik). Lalu, beregenerasi dengan elektroda dana menjadi tenaga listrik. Pada akhirnya, listrik yang dipancarkan bisa dihemat saat mesin mati.

Stabilizer pada aki mobil dapat membantu menjaga kestabilan tegangan listrik. Selain itu, penstabil baterai dapat membantu menghindari ancaman baterai terkuras karena resiko dari perubahan listrik.

2. Penghantaran daya ke starter mesin

Ciri lain dari aki adalah sebagai penyalur tenaga ke mesin starter. Daya yang terdapat di bagian baterai (konektor seluler) akan mengalirkan perangkat starter. Jika mobil sulit dihidupkan, periksa kembali kondisi baterai dan konektor penghubung. 

Karakteristik stabilizer baterai motor penggerak berperan penting dalam menjaga distribusi daya. Cara kerja aki pada mobil yaitu menyalurkan tenaga listrik ke starter mesin dengan dinamo bertenaga listrik untuk menjalankan mesin mobil.

3. Pasokan kekuatan ke gadget pengapian

Selain itu, karakteristik aki mobil adalah untuk menyalurkan daya pada perangkat pengapian. Perangkat pengapian di mesin adalah komponen penting saat mesin mobil berjalan. Jika alat pembakaran mengalami kerusakan dapat mempengaruhi komponen mesin lainnya.
 
Elektroda yang dipancarkan di dalam pengapian akan mengunjungi koil pengapian yang keluar ke bagian platina. Platinum yang telah dialiri listrik dapat memiliki rumah magnet di sudut-sudut kumparan. Selanjutnya platina akan saling bergesekan dan membuat busi untuk menggerakan mobil. 

4. Pasokan daya ke bagian lampu

Karakteristik baterai selanjutnya adalah menyalurkan daya ke perlengkapan pencahayaan. Seperti diketahui, lighting fixture punya peran penting ketika berkendara di malam hari. Aki mobil yang sesuai akan berjalan dengan daya drift yang sempurna (sekarang tidak lagi redup).

Selain untuk lampu penerangan, lampu flip sign juga menjadi penanda saat berkendara. Ini dapat menyelamatkan Anda dari kecelakaan.

Sedangkan sifat dari relay empat kaki adalah memutuskan sambungan listrik yang ada di dalam motor penggerak dengan pengapian. Hal ini dapat memaksimalkan penggunaan lampu untuk lukisan secara efisien.

5. Pengiriman daya ke bagian AC

AC (Air Conditioner) sangat dibutuhkan untuk membantu Anda ketika berkendara. Kecanggihan aki bertenaga listrik memungkinkan AC mengubah udara di luar ruangan menjadi udara dingin di dalam mobil. Untuk menjaga kenyamanan berkendara selama cuaca hangat, perlu menjaga kondisi baterai. 

6. Pengiriman daya ke komponen lainnya

Beberapa fitur yang terlihat pada mobil membutuhkan daya sebagai sumber tenaga. Bentuknya meliputi audio, video, bahkan mengisi baterai handphone. Jika baterai mobil habis atau rusak, maka akan mempengaruhi seluruh komponen lainnya.

Share:

0 Komentar