Pengetahuan

Mengenal Komponen SMD (Surface Mount Devices) Pada Perangkat Elektronika

Taukah kamu apa itu komponen SMD ? Yuk baca artikel ini agar kamu lebih tau

frans13 Maret 2022

Bagi yang suka mengutak-atik perangkat elektronik sudah tidak asing lagi dengan komponen SMD. Komponen ini digunakan di hampir semua perangkat elektronik, terutama komputer dan telepon genggam.

Selain mempelajari tentang komponen SMD, Anda juga harus familiar dengan istilah SMT (Surface Mount Technology), teknologi untuk memasang komponen elektronik pada permukaan PCB.

Pemasangan dilakukan dengan mesin canggih untuk menghasilkan komponen dengan cepat, bersih, dan teratur. Oleh karena itu, komponen yang terpasang dengan teknologi ini disebut SMD (Surface Mount Devices).

Tidak seperti komponen biasa dengan pin panjang, SMD memiliki pin yang sangat pendek dan dipasang langsung ke permukaan PCB tanpa melalui lubang. Komponen SMD berukuran jauh lebih kecil daripada komponen biasa. Oleh karena itu, bahkan sirkuit elektronik yang kompleks dapat dibuat dalam ukuran kecil.

Nilai setiap komponen SMD ditandai dengan huruf atau kode numerik.

Resistor SMD

Fungsi utama resistor adalah menahan arus. Untuk jenis resistor ini, komponen ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis dan ukuran. Ini dapat diwakili oleh angka panjang empat digit untuk mewakili ukuran jenis resistor.

Dua digit pertama mewakili panjang dan dua digit terakhir mewakili lebar. Satuan pengukuran yang biasa adalah milimeter.

Contoh:

  • 0603: Nilai terukur 0,6 × 0,3 mm
  • 0805: Nilai terukur 0,5 × 0,5mm

Kapasitor SMD

Fungsi utama kapasitor adalah untuk menyimpan, menyaring dan mengatur energi listrik. Untuk kapasitor SMD, dapat digunakan dari 1pF hingga 1uF.

Selain itu, ukuran yang tersedia untuk kapasitor ini berkisar antara 0603 hingga 1206. Dalam hal ini, kapasitor yang paling umum digunakan adalah jenis bahan keramik. 

Kapasitor tantalum adalah kapasitor dengan kapasitansi 1 F dan ukuran lainnya. Penjelasannya bisa dilihat dari lambang huruf A sampai E. Kapasitor jenis tantalum ini memiliki elektroda positif dan negatif yang ditandai di bagian luarnya.

Transistor SMD

Transistor yang paling umum digunakan di SMT adalah jenis SOT23 dan SOT223.

Sirkuit terpadu (IC) SMD

Jenis IC ini, yang sangat terkenal, disebut SO8 dan SO14 (juga dikenal sebagai SOIC8 dan SOIC 16).

SMD FPGA

FPGA juga dikenal sebagai jenis IC digital. Oleh karena itu, ada juga tipe FPGA untuk SMD.

Beberapa jenis IC digunakan dalam FPGA dan sangat terkenal. Ada 100 atau 144 pin

PQFP (Paket Datar Segi Empat Plastik); 208 atau 240 pin.

BGA (BallGrid Array); Ada 256 hingga lebih dari 1000 pin.

SMD QFP

Jenis TQFP ini memiliki 100 pin dan 144 pin. Selain itu, pin tipe TQFP sangat kokoh dan tahan lama, sehingga memudahkan penyolderan.

Tipe PQFP memiliki 208 pin dan 240 pin. Tidak seperti TQFP, PQFP jenis ini tidak mudah disolder karena pinnya mudah ditekuk. Pin pitch untuk TQFP dan PQFP masing-masing adalah 0,5 mm.

SMA BGA

Komponen BGA jenis ini sebenarnya memiliki bagian bawah, yaitu papan sirkuit tercetak. Papan dilapisi dan sebagian besar ditutupi dengan gundukan solder.

Bola solder BGA ini terbuat dari perekat solder, semacam perekat yang mengeras pada suhu kamar. Sangat berbeda dengan solder logam (Zinol).

Saat panel dibuat di oven, bola yang dibuat dengan menyolder perekat akan meleleh. Selanjutnya jarak antar bola sekitar 1-1,27 mm atau minimal 0,8 mm.

Share:

0 Komentar