Fun Fact

Hanya ada satu di Indonesia, Inilah 5+ Prospek Kerja Jurusan Teknik Nuklir!

Walau terbilang langka karena hanya ada satu di Indonesia, nyatanya jurusan Teknik Nuklir ini memiliki prospek kerja yang luas dan ga terbatas pada satu bidang aja lho!. Menariknya lagi, lulusan jurusan teknik nuklir memiliki gaji yang fantastis dan

Hanya ada satu di Indonesia, Inilah 5+ Prospek Kerja Jurusan Teknik Nuklir!

Stigma masyarakat Indonesia tentang nuklir itu rata-rata terbatas pada senjata yang ledakannya maha dahsyat, menakutkan, dan mematikan. Padahal pemanfaatan nuklir ga cuma sebagai senjata aja lho! Nuklir dapat dimanfaatkan sebagai tenaga listrik dan berbagai industri lainnya seperti medis, teknologi pangan, dan masih banyak lagi.

Universitas Gajah Mada (UGM) merupakan satu-satunya universitas yang terdapat program studi teknik nuklir. Di jurusan ini kamu akan belajar mengenai penerapan prinsip-prinsip fisika nuklir dan interaksi antara radiasi dan material. Dan kabarnya lulusan dari teknik nuklir gajinya fantastis lho! Penasaran apa aja prospek kerja jurusan teknik nuklir? Yuk baca selengkapnya ya!

1. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)

Badan Tenaga Nuklir Nasional

Instansi milik negara yang bertugas untuk melakukan penelitian, pengembangan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Nah bagi lulusan teknik nulir yang ingin bekerja sesuai jurusannya, BATAN menjadi opsi terbaik perjalanan karirmu.

2. Bidang Pertambangan

Bidang Pertambangan

Gak selalu berhubungan dengan nuklir, lulusan teknik nuklir bisa juga lho bekerja di bidang yang lain contohnya di bidang pertambangan. Pengetahuan yang dipelajari semasa perkuliahan, sangat dibutuhkan di industri pertambangan lho!

3. Bidang Perminyakan

Bidang Perminyakan

Tertarik bekerja di Chevron atau Pertamina atau perusahaan perminyakan lainnya? Di Jurusan ini, kamu juga akan belajar soal termodinamika, perpindahan panas, mekanika fluida, di mana ilmu yang dipelajari akan diimplementasikan pada industri perminyakan. Menarik bukan? 

4. Bidang Energi

Bidang Energi

Pada semester 6, mahasiswa akan dihadapkan pada dua percabangan yaitu energi nuklir dan fisika medik. Nah bagi yang mengambil konsentrasi di energi nuklir, kamu akan fokus mempelajari tentang pengembangan sumber energi. Walau Indonesia saat ini belum memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), kamu bisa melamar pekerjaan di bidang energi lainnya seperti PLTU, PLN, PJB, dan sebagainya.

5. Bidang Kesehatan

Bidang Kesehatan

Nah bagi kamu yang mengambil konsentrasi fisika medik, kamu akan fokus belajar mengenai penerapan atau manfaat nuklir dibidang medis atau radiologi klinik. Kamu memiliki kesempatan untuk menjadi pengajar maupun peneliti. Keren kan?

6. Pakar Nuklir

Pakar Nuklir

Tak hanya di lingkungan industri, lembaga penelitian juga membutuhkanmu lho! Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) adalah contoh institusi yang sangat membutuhkan lulusan jurusan Teknik Nuklir.


Meski jurusannya terbilang langka, namun prospek kerjanya sangat luas. Gajinya juga selangit! Gimana, tertarik masuk di jurusan ini?

Share:

0 Komentar