Pengetahuan

4 Sumber Belajar Fisika untuk Mahasiswa Teknik

Fisika merupakan subjek yang umumnya wajib dipahami oleh mahasiswa teknik. Namun apakah anda sudah memiliki sumber belajar yang dapat membantu anda dalam memahaminya?

Ricsen24 Januari 2022

Sebagai seorang mahasiswa teknik tentunya Anda akan mempelajari yang namanya fisika. Apakah Anda dapat mengerti semua hal yang dijelaskan oleh pengajar Anda? Jika Anda mendapat pengajar yang baik, Anda dapat memahami sebagian besar ilmu fisika yang diajarkan.

Sebagian besar mahasiswa merasa bahwa fisika itu sangatlah sulit. Karena itu, mahasiswa cenderung berdalih bahwa praktik lebih penting daripada teori. Sebab ada anggapan tidak semua teori yang dipelajari akan terpakai di dunia pekerjaan.

Apakah harus selalu bergantung hanya kepada pengajar Anda?

Bukankah sebaiknya Anda mencari sumber lain untuk belajar konsep dasarnya sebelum masuk kuliah? Dengan demikian diskusi antar dosen dan mahasiswa pun bisa terjalin selama perkuliahan  berlangsung. Anda pun tidak akan tertinggal dalam kelas.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku serta YouTube channel untuk mempelajari fisika.

1. Buku "Fundamentals of Physics "

 Buku "Fundamentals of Physics - Halliday & Resnick

Buku dari Halliday dan Resnick adalah buku yang sering dijadikan referensi oleh pengajar dan mahasiswa dalam belajar fisika. Tidak hanya tampilannya yang menarik, kalimat-kalimat yang terkandung di dalamnya pun mudah dipahami.

Buku ini juga  mengandung pemahaman dasar tentang mekanika, elektromagnetik, kuantum, dan sebagainya. Serta berbagai contoh penerapan konsep dalam fisika. Karena alasan tersebutlah buku ini digemari banyak orang.

2. YouTube channel "Lectures by Walter Lewin. They will make you ♥ Physics"

YouTube channel ini tentunya tidak boleh dilewatkan oleh Anda yang ingin mempelajari fisika. Dengan slogan "for the love of physics", Prof. Walter Lewin membuat belajar fisika menjadi mudah dan menyenangkan.

Beliau menjelaskan setiap konsep fisika sembari memperagakannya. Yang mana hal tersebut merupakan keinginan sebagian besar dari kita. Pembelajaran sains memang tidaklah lengkap tanpa adanya observasi.

3. YouTube channel "minutephysics"

Cuma ingin tahu fisika secara umum, YouTube channel ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Channel minutephysics menyediakan video penjelasan dengan animasi menarik untuk memperjelasnya.

Anda bisa belajar fisika dengan waktu 10 menit. Selain melihat tulisan dan rumus, mungkin sesekali Anda juga perlu melihat animasi bukan?

4. YouTube channel "Michel Van Biezen"

YouTube channel jadi recommended bagi Anda yang ingin belajar fisika melalui contoh soal dan repetisi. Michel Van Biezen membuat video tentang contoh-contoh soal fisika. Dengan begitu. Anda mudah memahami konsep fisika. Namun pengajarannya dapat terbilang sulit apabila Anda tidak memahami konsep dasarnya. 

Ya, kira-kira itulah beberapa sumber belajar fisika yang dapat Anda gunakan. Situs atau buku apa yang menjadi referensi Anda dalam belajar fisika?

Share:

0 Komentar