Pengetahuan

Mengenal Prospek Kerja Teknik Elektro

Teknik Elektro merupakan jurusan yang mempelajari sifat-sifat elektron atau dikenal dengan listrik. Mahasiswa Teknik Elektro mampu menghasilkan dan memanfaatkan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Seni Nurjanah21 Agustus 2021

Mengenal Prospek Kerja Teknik Elektro

Listrik sangat penting bagi kehidupan manusia, Teknik Elektro merupakan jurusan yang mempelajari sifat - sifat elektron atau dikenal dengan listrik. Mahasiswa Teknik Elektro mampu menghasilkan dan memanfaatkan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa saja prospek kerja teknik elektro? Berikut adalah beberapa prospek kerja dibidang Teknik Elekrro.

1. Perusahaan Pembangkit

Perusahaan Pembangkit

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam yang memberikan banyak manfaat salah satunya yaitu Pembangkit Tenaga Listrik. Salah satunya yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) dan lainnya. 

2. Software Developer

Software Developer

Software developer merupakan posisi dimana bertugas untuk membuat, mengembangkan dan memodifikasi software aplikasi komputer. Menganalisa kebutuhan pengguna, merancang dan mengembangkan solusi software.


3. Electrical Design Engineer

Electrical Design Engineer

Perkembangna teknologi seiring berkembangnya zaman membuat  Electrical Design Engineer mendesin menggunakan komputer membuat perkerjaan lebih efektif dan lebih mudah mengembangkan tata letak sistem kelistrikan tersebut untuk dilakukan pengujian.

4. Project Manager

Project Manager

Project Manager akan bertanggung jawab dalam pengolaan staff, mendelegasikan tugas kepada tim, memonitor sumber daya, serta mengawasi cakupan proyek dan memelihara dalam bidang kelistrikan.

5. Biomedical Engineer

Biomedical Engineer

Biomedical Engineer merupakan perpotogan keilmuan teknik dengan ilmu medis dan biologi. Tujuannya untuk merancang dan membuat peralatan, perangkat, sistem dan perangkat lunak yang dipakai dakan perawatan kesehatan.

6. Telkom Engineer

Telkom Engineer

Posisi ini punya tanggung jawab dalam proses transfer data dari teknologi informasi. Engineer bertanggung jawab dalam desain, keamanan, kinerja jaringan komputer dan integrasi dari semua layanan dan perangkat telekomunikasi.

7. Control Engineering

Control Engineering

Control Engineering merupakan bidang yang relatif baru dengan menggabungkan teknik dan matematika. Perkerjaan ini mengharuskan untuk membuat sistem berkerja menjadu efesien dan bisa di prediksi. 

8. Dosen

Dosen

Teknik Elektro mempunyai peluang untuk menjadi tenaga pendidik seperti Guru SMK jurusan listrik, Audio Video, Elektronika Industri dan selain itu bisa menjadi dosen pada jurusan Teknik Elektro.

Lulusan Teknik Elektro masih sangat dibutuhkan di seluruh lini industri untuk mengurusi masalah kelistrikan dan sistem elektronik. Semoga bermanfaat. Semangat pejuang Listrik Indonesia!

Share:

0 Komentar