Kreatifitas

Software yang Harus Dikuasai Mahasiswa Teknik

Jika kamu adalah seorang mahasiswa Teknik Mesin tentunya kamu harus mengetahui software yang menunjang perkerjaan di bidang Teknik

Seni Nurjanah26 Agustus 2021

Jika kamu adalah seorang mahasiswa Teknik tentunya kamu harus mengetahui software yang menunjang pekerjaan di bidang keteknikan. Seiring berkembang zaman dan teknologi kamu harus memiliki skill lain yaitu kemampuan menguasai software / aplikasi yang banyak digunakan oleh para engineer mesin. 

Software yang harus dikuasai oleh mahasiswa teknik

Software yang kalian harus kuasai ini dapat digunakan untuk pemrograman, desain, pengujian dan banyak lainnya. Yuk simak beberapa software yang harus dikuasai mahasiswa Teknik Mesin!

Microsoft Excel

Microsoft Excel memang sering digunakan untuk membuat suatu anggaran. Namun di tangan seorang mahasiswa Teknik Mesin Microsoft Excel bisa digunakan untuk menjelaskan ide, menggambar bentuk, pemrograman dasar dan masih banyak kegunaan lainnya. Kamu bisa belajar microsoft excel melalui situs belajar microsoft excel.

AutoCAD

Fungsi dari software AutoCAD adalah untuk membuat desain perencanaan suatu produk, dimana desain pada AutoCAD dapat dibuat dengan 2 Dimensi maupun 3 Dimensi. AutoCad software yang popular berkat keunggulan dalam menggambar produk teknik Sehingga perusahaan manufaktur sering mencari lulusan teknik yang bisa menggunakan AutoCAD.

Penggunaan AutoCAD sangat luas. Hampir berbagai industri menggunakan sottware gambar ini yaitu manufaktur, kosntruksi, desain, elektronika, dan lain sebagainya

MATLAB (Matrix Laboratory)

MATLAB (Matrix Laboratory) memiliki fungsi yang sangat banyak, diantara fungsi umumnya adalah untuk perhitungan Matematika dan Komputasi, Visualisasi, pengembangan Algoritma Matematika, Simulasi, Pemodelan, Akuisisi data dan lain-lain. 

MATLAB merupakan software yang biasanya digunakan sebagai alat pembelajaran pengenalan tingkat dasar dan lanjut dalam matematika, teknik serta sains. Selain itu MATLAB digunakan untuk menganalisis data, membuat algoritma, serta menciptakan pemodelan dan aplikasi.

Visual Basic

Visual basic merupakan software yang berfungsi untuk membuat program berbasis windows, mulai dari program paling sederhana hingga program yang sangat rumit. Contoh program yang dimaksud program membuat kasir, perpustakaan dan program komersial lainnya. Untuk dapat membuat aplikasi atau software dengan visual basic maka kita harus menguasai pemrogramannya

Software ANSYS

Software ANSYS menawarkan berbagai produk yang multi solusi, lengkap dan komprehensif. Serin kali dipakai untuk menyelesaikan permasalahan struktur linier, nonlinier serta analisis dinamika. 

Selain itu, Produk ANSYS juga menawarkan program pemecahan masalah analisis thermal, analisis fluida atau CFD (Computational Fluid Dynamics), dan berbagai kasus keteknikan lainnya.

 

Jadi software mana saja yang sudah kalian kuasai? Jika belum, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Jangan sampai menyesal setelah lulus nanti. Semoga bermanfaat

 

Share:

0 Komentar