Teknologi

Teknik Elektro Yuk Kenalan Dengan Software PSIM, Simulator Elektronika Daya

PSIM adalah perangkat lunak simulasi yang dirancang khusus untuk elektronika daya, penggerak motor dan system konversi daya.

Seni Nurjanah2 September 2021

Pengertian PSIM

PSIM adalah perangkat lunak simulasi yang dirancang khusus untuk elektronika daya, penggerak motor dan sistem konversi daya. Dengan kecepatan simulasi yang cepat PSIM menyediakan simulasi yang kuat untuk memenuhi kebutuhan simulasi dan pengembangan. PSIM terdiri dari schematic program PSIM, simulation engine, dan waveform processing program SIMVIEW. 

PSIM

Circuit Structure

Circuit Structure dalam PSIM dibagi menjadi 4 blok yaitu power circuit, control circuit, dan sensor switch controllers. 

Circuit Structure PSIM

Rangkaian daya terdidi dari perangkat switching, cabang RCL, transformator dan inductor yang digabungkan Rangkaian control dipresentasikan dalam diagram blok. Komponen dalam domain s dan domain z, komponen logika (seperti gerbang logika dan flip flop) dan komponen non-linier (seperti pengganda dan pembagi) digunakan dalam rangkaian control. Sensor digunakan untuk mengukur jumlah rangkaian daya dan meneruskannya ke rangkaian control. Sinyal gerbang kemudian dibangkitkan dari rangkaian control dan di kirim Kembali ke rangkaian daya melalui pengontrol sakelar untuk mengendalikan sakelar.

 

Simulation Control

Elemen kotrol simulasi mendefinisikan parameter dan pengaturan yang terkait dengan simulasi. Untuk menempatkan control simulasi dan skema, buka meni simulasikan dan pilih Simulation Control.

Spesifikasi dan Format Parameter Komponen

Tab parameter digunakan dalam simulasi. Informasi pada other info tidak digunakan dalam simulasi.

Ini hanya untuk tujuan pelaporan dan akan muncul pada daftar bagian View>> Element List in PSIM.

Informasi seperti peringkat perangkat, pabrikan dan nomor komponen dapat disimpan dalam other info. Warna komponen dapat di atur dalam tab color.

 

Creating Circuit

Fungsi dasar dan paling umum digunakan dan disediakan untuk pembuatan sirkuit adalah Element. Salah satu cara untuk mencari komponen apa saja yang akan digunakan untuk simulasi yaitu dengan menggunakan menu pull-down. Buka menu Element, masuk ke submenu dan sorot elemen atau komponen yang akan dipilih.

Element yang sering digunakan dapat dipilih di Toolbar Element, itu terletak di bagian bawah PSIM secara default.

Cara lain adalah dengan menggunakan Library Browser seperti yang ditunjukan gambar dibawah. Library Browser menyediakan cara yang nyaman untuk menavigasi Library. Untuk menampilkan Browser Library yaitu buka View >> Library Browser.

eleman pada PSIM

 

Waveform Processing in SIMVIEW

SIMVIEW adalah tampilan bentuk gelombang atau grafik atau kurva setelah simulasi pada PSIM. Berikut ini menunjukan bentuk gelombang simulasi di area SIMVIEWsimview pada PSIM

Share:

0 Komentar