Pengetahuan

Yuk Intip Beberapa Prospek Kerja Teknik Industri

Kuliah di jurusan Teknik Industri, kamu akan belajar bagaimana cara merancang, mengelola, mengembangkan serta menerapkan berbagai elemen menjadi sebuah sistem yang berkaitan dengan fungsi pabrik.

Seni Nurjanah25 Agustus 2021

Kuliah di jurusan Teknik Industri, kamu akan belajar bagaimana cara merancang, mengelola, mengembangkan serta menerapkan berbagai elemen menjadi sebuah sistem yang berkaitan dengan fungsi pabrik. Seorang engineer teknik industri akan bekerja sama dalam tim bersama dengan profesional lain, teknisi, dan staf produksi.

Peluang karier yang menanti lulusan Teknik Industri sangat banyak, berikut ini ada berapa daftar pilihan karier yang bisa kamu geluti:

1. Engineering Manager

Seorang manajer di Divisi Engineering bertugas menyusun sumber daya dan rencana kerja suatu proyek. Adalah tanggung jawab seorang Engineering Manager untuk memastikan ketuntasan proyek-proyek penting dan tugas-tugas engineering. 

Selain menguasai seluk beluk pekerjaan Teknik Industri, Engineering Manager perlu memiliki problem solving skill yang baik.

2. Project Manager

Seorang Project Manager memiliki tanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, dan men-direct agar suatu proyek tuntas dikerjakan. Project Manager pula yang harus memastikan bahwa proyek tersebut tepat waktu, sesuai budget, dan dalam lingkup yang tepat.

Tim yang di-direct oleh seorang Project Manager biasanya lebih besar daripada tim di bawah seorang Engineering Manager. Communication skill yang baik sangat dibutuhkan pada jabatan Project Manager ini. Tak hanya komunikasi dengan seluruh anggota tim, tapi pekerjaan Teknik Industri yang satu ini membutuhkan komunikasi yang baik dengan para stakeholders.

3. Product Analyst

Seorang Product Analyst mengembangkan strategi marketing yang paling tepat untuk suatu produk. Tugas Product Analyst juga untuk membandingkan antara produk tersebut dengan tren industri agar nantinya perusahaan memperoleh keuntungan. 

Sedari analisis produksi, pengendalian kualitas produksi, optimalisasi dan maintenance alat-alat produksi, manajemen produksi, hingga penilaian keseluruhan produksi, seluruhnya menjadi tugas seorang Product Analyst

4. Health and Safety Officer

Peran Health and Safety Officer adalah mencegah kecelakaan kerja maupun berbagai penyakit yang ditimbulkan dan berada dalam lingkup pekerjaan. Selain menerbitkan dokumen yang mengatur keamanan kerja, tugas HSE Officer dalam prospek Teknik Industri ini mencakup inspeksi reguler, investigasi kecelakaan kerja, pelatihan keamanan kerja, dan masih banyak lagi. 

Pada umumnya, menganalisis lokasi proyek dan mengatur prosedur kerja agar tetap aman bagi semua pekerja menjadi tugas divisi HSE.

5. Quality Engineer

Quality engineer akan bekerja dalam tim profesional yang lebih luas dengan tujuan memastikan bahwa produk akhir akan aman, andal, dan memenuhi harapan pelanggan dengan menjaga proses produksi sebaik dan seefisien mungkin. 

Dalam operasional manufaktur yang lebih besar, seorang insinyur teknik industri bidang quality engineer bisa mempunyai fokus atau keahlian tertentu seperti Quality Assurance, Quality Control, Six Sigma, Quality Design, dan bahkan Reliability Engineering.

Kamu setuju dengan hal ini atau punya pendapat lain? Share kalau kamu punya pendapat yang berbeda



 

Share:

0 Komentar