Kreatifitas

5 Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) Luncurkan Inovasi Si Pintar Charging

Berawal dari konsep ide yang yang digagas oleh Minir dan 4 mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda yang sama-sama memiliki visi untuk menjadi inovator.

Si Pintar Charging1 November 2022

Tingginya permintaan energi nasional yang berimbas pada peningkatan pasokan energi dalam negeri. Berdasarkan Data populasi mengungkapkan ledakan penduduk di tahun 2920 sebanyak 270,20 juta jiwa (Statistik, 2021).

Pada masa pandemi covid 19, tingkat pengadaan proyek energi baru terbarukan mengalami beberapa kendala serius. Hal ini juga senada dengan negara-negara di dunia masih bergantung pada sumber energi fosil.

Indonesia masuk dalam peringkat ke-3 dengan penggunaan energi yang sangat besar. Berdasarkan data ada sekitar 97 juta ton batubara yang dikonsumsi untuk pembangkit listrik. Hal ini diperburuk dengan naiknya suhu pemanasan global yang mencapai 1,5 derajat celcius.

Selain itu, penggunaan telepon genggam di Indonesia ada sekitar 150,4 juta. Dapat diketahui bersama bahwa energi utama pada telepon genggam adalah energi listrik. Padahal energi listrik sebagian besar suplai energi berasal dari batubara. Dalam jangka panjang dapat memicu naiknya isu emisi karbon.

Apa Itu Si Pintar Charging

Gambar. desain skema Si Pintar Charging

Si Pintar Charging merupakan inovasi berbasis teknologi yang digagas oleh Minir dan kawan-kawan. Alat ini memanfaatkan angin yang dikonversi menjadi listrik sebagai pengisi daya telepon genggam.

Pada prinsipnya, Si Pintar Charging dapat beroperasi pada spindle spion motor yang telah modifikasi. Sehingga pada saat perjalanan, Anda akan dengan mudah mengisi daya perangkat seluler.

Gambar. Hasil Prototipe Si Pintar Charging

Didalam project  si pintar charging berhasil mencapai target luaran yang ditargetkan. Berikut adalah capaian luaran yang berhasil diraih:

  • Desain 3D produk inovasi Si Pintar Charging.
  • Prototipe produk inovasi Si Pintar Charging.
  • Artikel Ilmiah Si Pintar Charging.
  • Publikasi Buku Si Pintar Charging.
  • Dan hak kekayaan intelektual (HAKI) Si Pintar Charging.

Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda

Si Pintar Charging berawal dari konsep yang digagas oleh mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda. Ketua Tim Riset Si Pintar Charging, Minir sudah lama memiliki ketertarikan di dalam dunia riset dan inovasi.

Ketertarikannya di bidang inovasi dan riset mengantarkan dirinya memperoleh penghargaan kejuaran di level nasional sekaligus menjadi mahasiswa Berprestasi Tingkat LLDIKTI XI Kalimantan.

Minir dan 4 Mahasiswa Inovator POLNES targetkan lolos PIMNAS 2022

Target dari si pintar charging adalah dapat lolos ke tahap PIMNAS 2022. PIMNAS merupakan agenda pekan kreatifitas mahasiswa tingkat nasional.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait