Pengetahuan

Bahaya Listrik yang Ditimbulkan Akibat Menumpuk Stop Kontak Terlalu Banyak!

Kabel listrik pada stop kontak akan memanas dan membakar isolasi kabel karena tidak mampu melewatkan arus.

Taufik Arif Saputra6 September 2023

Anda pernah menumpuk stop kontak terlalu banyak? Memasang colokan kabel tv, kulkas, strika, charge hand phone pada satu stop kontak. Tahukah kalau menggunakan satu stop kontak untuk beberapa peralatan listrik sebenarnya bisa berbahaya.

Busur listrik yang muncul dari pemasangan steker yang kendur karena terlalu banyak cabang. Namun seberapa bahaya penumpukan kabel stop kontak? Nah, bagaimana tentang sumber bahaya listrik dari pemakaian stop kontak bercabang. 

Peralatan Listrik Standar

Pertama - tama kita perlu mengetahui stop kontak listrik yang baik dan aman. Umumnya, komponen yang digunakan harus memenuhi standar SNI. Cara melihatnya terlihat pada pengenalnya di isolator bagian luar kabel ataupun bungkus plastik.

Adapun kabel stop kontak harus terstandarisasi oleh lembaga masalah kelistrikan (LMK). Logo LMK biasanya tercetak pada kemasan kabel. Lalu apa perbedaan antara SNI dan LMK? Sederhananya SNI adalah standarisasi produksi sedangkan LMK adalah organisasi yang memeriksaan produk kelistrikan.

Kabel standar mempunyai tanda pengenal berupa tegangan kerja dan luas penampang kabel. Penampang kabel menentukan kuat hantar arus (KHA) maksimal berdasarkan luas penampang sudah diatur dalam (PUIL) 2000. 

Pemakaian Peralatan Sesuai Standar

Apa hubunganya Kuat Hantar Arus (KHA) kabel dengan penumpukan stop kontak? kabel stop kontak yang standar yang beredar di pasaran biasanya memiliki tipe NYM 3 x 1,5 mm. Berdasarkan informasi tersebut, kabel tersebut mampu mengalirkan arus maksimal sebesar 19 Ampere, dengan tegangan 220 Volt.

Kabel jenis ini digunakan untuk mensuplai daya sebesar 220 Volt x 19 ampere = 4180 VA atau beban maksimal yang mampu ditopangnya adalah 220 Volt x 19 Ampare x 0,8 = 3344 Watt. 

Berdasarkan standar yang telah ditentukan, stop kontak bisa digunakan dengan beban 3344 watt. Jika memasang listrik lebih dari besar dari KHA maka resiko kebakaran listrik bisa terjadi.

Kabel listrik pada stop kontak akan memanas dan membakar isolasi kabel karena tidak mampu melewatkan arus. Masalahnya, banyak temui kabel stop kontak yang tidak memenuhi standar.

Stop kontak tidak standar memiliki luas penampang yang kecil. luas penampang yang kecil tentu saja mampu melewatkan arus yang kecil juga. Pilihlah stop kontak yang berstandar SNI dapat dilihat di pengenal kabel.

Selain itu pakailah beban listrik yang sesuai dengan kuat hantar arus. Perkirakanlah kemampuan penghantarnya. Jangan menumpuk stop kontak terlalu banyak. Apabila memasang beban tambaham gunakan stop kontak tambahan. ingat, utamakan keselamatan.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait