Opini

Biar IPK Tidak Anjlok di Semester Awal, Maba Wajib Baca Ini !

Biar IPK tidak anjlok di semester awal, maba wajib baca ini !

Taufik Arif Saputra2 September 2023

Perkuliahan tahun ajaran baru akan segera dimulai. Sebagai maba, apakah sudah mempunyai target IP diatas 3.0? Nilai bukanlah segalanya, tapi tidak apa - apa jika kamu ingin memberikan segalanya. Agar IPKmu tidak anjlok di semester pertama, berikut beberapa tipsnya!

1. Bangun Koneksi dengan Angkatan

Sebagai siswa baru, kamu perlu mengenal teman - teman sekelasmu. Kamu bisa mengikuti mereka di media sosial atau menyapa mereka saat bertemu di kampus.

Takut dipanggil SKSD? bodoh sekali, tujuanmu adalah membina persahabatan. Dengan memiliki banyak koneksi, kamu dapat bertukar informasi selama menjadi mahasiswa baru.

Apalagi ketika kamu mengalami kesulitan di kelas, kamu bisa kok meminta bantuan teman sekelasmu. Membangun kedekatan membuat mereka tidak segan - segan untuk membantu kamu.

2. Kerjakan Tugas dengan Maksimal 

Maba tahun pertama, ingatlah untuk tidak malas mengerjakan PR. Jika ingin meraih IPK tinggi, latihan - latihan yang diberikan oleh dosen jelas akan membantumu mencapai IPK tinggi.

Oleh karena itu, sebagai mahasiswa baru, biasakan mengerjakan setiap tugas dengan baik. Jangan pernah menunda - nunda tugas karena tugas kuliah selalu berpacu dengan tenggat waktu

3. Pahami Karakteristik Tiap Dosen

Ketika kamu masih di sekolah,  apakah kamu menjadi siswa yang pintar? Hati - hati, karena dunia kampus mungkin berbeda dengan semasa SMA. Di bangku kuliah, kecerdasan tidak menjamin mendapat nilai bagus.

Sebab dosen tidak asal menilai kecerdasanmu. Misalnya ada dosen yang lebih menyukai mahasiswanya memberikan presentasi atau mengerjakan proyek, atau mengutamakan mahasiswanya menghafalkan teori sesuai buku kuliah, dan ada dosen yang menilai pemahaman materi.

Dengan kata lain, setiap dosen tentunya memiliki standar penilaiannya. oleh karena iru kamu harus pandai dalam menampilkan karakteristik dosenmu yah kawan. 

4. Pahami Silabus Setiap Mata Kuliah

Silabus adalah rencana pembelajaran suatu mata kuliah dalam satu semester. Biasanya silabus akan dibacakan oleh dosen pengampu pada minggu pertama. Hal ini meliputi materi kuliah sampai dengan jadwal UAS.

Saat menjelaskan rencana studi, dosen juga akan menjelaskan gambaran umum mata kuliah yang kamu pelajari. Meliputi bab yang akan dipelajari, rincian tugas, atau proyek yang akan kamu jalani, dan kriteria penilaian.

Perlu kamu ingat, kunci awal kamu bisa sukses di mata kuliah tersebut sangat bergantung pada silabus perkuliahan. Jadi jangan biarkan kamu gagal memahami hanya karena kamu tidak mengetahui silabus kamu.

5. Selalu Review Kembali Materi Perkuliahan

Salah satu penyebab menurunya nilai siswa di kelas adalah malas mereview materi kuliah. Walaupun jam mata kuliah terbatas, kamu tidak akan bisa menyerap seluruh ilmu yang yang diajarkan dosen jika tidak belajar sendiri.

Kamu bisa mencatat materi kuliah dan kemudian mereviewnya kembali supaya makin paham. Bisa juga membentuk kelompok kecil untuk membantu belajar bersama. Pastikan kamu tidak malas untuk mereview materi kuliah yang diberikan oleh dosen. 

Share:

0 Komentar