Pengetahuan

Cara Menghentikan Suara Token Listrik yang Habis dari Meteran

Selain memasukan kode token, meteran listrik juga memiliki alarm yang mengingatkan sisa pulsa token sudah habis.

Taufik Arif Saputra20 September 2023

Cara mematikan Alarm Token Listrik yang akan habis di meteran.

Mematikan alarm token listrik membutuhkan beberapa teknik khusus. Token adalah jenis layanan listrik prabayar yang disediakan oleh PLN. Pelanggan dapat membeli token listrik dan mengisinya kembali jika sudah habis.

Untuk menggunakan token listrik, Anda hanya perlu memasukan kode token ke meteran listrik di rumah Anda. Artinya, Anda tidak perlu membayar tagihan listrik tiap bulan.

Selain memasukan kode token, meteran listrik juga memiliki alarm yang mengingatkan sisa pulsa token sudah habis. Tentu saja, ada cara untuk mematikan alarm agar tidak membuat tetangga malu mendengarnya. Sangat menggangu aktivitas kita jika tidak mematikan meteran listrik yang berbunyi.

Fungsi Alarm untuk Menjadi Pengingat 

Pemilik rumah saat ini lebih suka menggunkan token listrik prabayar karena lebih praktis. Namun, alarm meteran listrik akan berbunyi sebagai pengingat untuk segera mengisi ulang token listriki. Meteran listrik memiliki alarm yang akan berbunyi saat sisa pulsa token hampir habis.

Ini adalah sinyal bahwa  Anda harus siap untuk membeli lebih banyak pulsa token. Saat alarm berbunyi, meteran kwh biasanya menunjukan 25 kwh. Dengan arus listrik ini, Anda dapat menggunakan listrik selama dua hingga tiga hari.

Untuk menggunakan listrik prabayar, Anda harus membeli token atau mengisinya terlebih dahulu. Ini akan memungkinkan Anda mengontrol jumlah biaya listrik yang Anda bayar setiap bulan. Tetapi bila tidak mematikanya, bunyi alarm sering menggangu.

Alarm akan berbunyi dengan suara nyaring dan interval yang dekat, yang sering menyebabkan gangguan. Sebenarnya, ada cara untuk mematikan alarm tersebut, seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Cara Mematikan Alarm Token Listrik 

  1. Periksa meteran listrik atau bargainser yang alarmnya sudah berbunyi 
  2. Tekan dan masukan kode 812 ke meteran listrik, lalu tekan tombol enter.
  3. Alarm token listrik sudah berhenti berbunyi dengan aman

Ini adalah cara aman untuk mematikan alarm token listrik. Anda tidak akan terganggu lagi dengan suara nyaringnya. Kode 812 dapat menunda bunyi alarm pada meteran listrik Itron selama 5-10 menit, sedangkan pada meteran Hexing dan Glomet dapat menunda bunyi alarm selama satu jam.

Tahapan Mengubah Batas Daya Minimal Meteran Prabayar

Anda tidak hanya harus tahu cara mematikan alarm token listrik prabayar, tetapi ketahui cara mengubah batas minimal sisa daya listrik sebelum alarm bunyi. Kuota 20 kwh adalah batas minimum PLN, yang berarti alarm akan berbunyi jika jumlah listrik di rumah sudah mencapainya.

Namun, kuota 20 kwh masih cukup untuk dua hingga tiga hari. Sangat mudah untuk mengubah batas minimal sisa daya. Untuk melakukannya, ketik kode 456 dan masukkan jumlah kwh yang diinginkan, misalnya 15, lalu masukkan kode 45615 dan tekan enter.

Kode Meteran Listrik Lainya

Selain kode yang dapat digunakan untuk menghentikan alarm token listrik dan mengubah batas minimum, ada banyak kode meteran listrik lainnya yang dapat dicoba dan membantu dalam berbagai masalah terkait token listrik. Kode-kode ini termasuk:

00 = kode untuk merestrat meteran.

03 = mengecek jumlah kwh listrik yang telah digunakan.

07 = mengecek batas kwh.

09 = menghitung daya yang telah digunakan.

41 = mengecek voltase.

Solusi untuk Situasi di mana Alarm Meteran Listrik Berbunyi

Jika alarm terus berbunyi ketika angka 812 dimasukkan, ada kemungkinan terjadi error pada meteran. Oleh karena itu, Anda dapat menghubungi PLN untuk meminta bantuan. Tunggu beberapa saat hingga PLN menonaktifkan alarm agar tidak berbunyi lagi.

Diatur Waktu Bunyinya 

Selain mematikannya, Anda juga dapat mengatur waktu bunyi alarm meteran listrik agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Ini dapat dilakukan dengan mengetikkan angka 456 dan kemudian tunggu beberapa saat hingga suara alarm langsung diatur sesuai jumlah kwh yang diinginkan.

Jika Anda ingin membunyikan alarm saat arus listrik mencapai 10 kwh, Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol 456 dan menekan tombol 1 dan 0. Setelah itu, alarm akan berbunyi secara otomatis saat arus listrik mencapai angka 10 kwh.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait