Teknologi

Komponen Split AC, Fungsi dan Cara Kerjanya

Cara kerja AC hampir mirip dengan cara kerja kulkas. Secara singkat, AC memindahkan panas dari udara di dalam ruangan ke udara luar.

Taufik Arif Saputra21 September 2023

Cara kerja AC hampir mirip dengan cara kerja kulkas. Secara singkat, AC memindahkan panas dari udara di dalam ruangan ke udara luar. sehingga suhu AC ruangan akan secara bertahap menurun sesuai dengan pengaturan.

Tahapan ini dimulai ketika udara panas dari ruangan dihisap ke AC melalui blower AC di dalam. Udara yang masuk ini akan melewati sela evaporator dari lapisan alumunium tipis. Setelah itu, udara menjadi lebih sejuk, dan kemudian dikeluarkan oleh hembusan blower.

Swing AC mengontrol arah hembusan udara AC di dalam ruangan, sehingga udara yang dihisap dan dikeluarkan dari ruangan adalah udara yang ada di dalam ruangan. Faktor lain yang menyebabkan udara di dalam AC menjadi dingin adalah gas freon.

Saat udara panas yang dihisap blower bersentuhan dengan evaporator, gas freon di dalam AC berputar dan membawa suhu panas ke kondensor, di mana kipas blower luar dapat mengeluarkan panas.

Komponen AC Split, Fungsi dan Cara Kerjanya

Sebelum membahas sistem kerja split AC, kenali dahulu komponennya. Split AC terdiri dari dua bagian: unit indoor dan outdoor.

1. Komponen AC Split Indoor

  • Blower : Blower indoor ini menghisap udara AC dari ruangan dan menyemburkan udara keluar dari AC ruangan.
  • Filter : Filter alat ini menyaring debu dan partikel kecil lainnya. Ini membuat udara yang dihembuskan kembali oleh blower bersih dan sehat. Sudah banyak AC dilengkapi dengan anti bakteri.
  • Evaporator : Evaporator AC Split  terdiri dari pipa yang dilapisi kisi alumunium. Evaporator ini yang menjadi tempat sirkulasi freon untuk memindahkan suhu panas ruangan ke bagian kondensor outdoor. Sehingga saat bersentuhan evaporator maka sudah mengalami penurunan suhu.
  • Swing Ac Indoor : Alat ini mirip dengan bagian belakang sayap pesawat, dapat diatur naik turunnya sendiri. Swing ini berfungsi sebagai pengatur arah semburan AC dalam pengaturan.
  • Motor Stepper : merupakan alat untuk menggerakan swing dan blade untuk mempercepat penyebaran udara dingin.
  • Thermistor  : Ini berfungsi sebagai sensor suhu. Ketika AC bekerja, akan terjadi perubahan suhu. Saat suhu mencapai titik dingin, perangkat ini akan mengirimkan sinyal modul untuk menghentikan kompresor. Jika AC inverter mengoperasikan kompresor tetapi dengan kecepatan yang lebih rendah.
  • Lampu Indikator : Lampu ini akan berkedip jika ada masalah dalam modul kelistrikan AC
  • Modul AC : Modul ini memiliki sensor yang dapat digunakan secara remote dan tombol. Fungsinya sebagai otak AC dan pusat perintah untuk melakukan pengaturan AC. Modul ini biasanya juga memiliki sensor remote.
  • Remote AC : Remote ini digunakan untuk mengatur AC jarak jauh, seperti suhu, kecepatan kipas, dan arah swing.

2. Komponen AC Split Outdoor

  • Pipa Kapiler : Merupakan pipa tembaga sebagai penghubung sirkulasi freon antara AC indoor dan outdoor sehingga pendinginan tercapai.
  • Kompresor  : Kompresor, yang terletak pada unit luarnya, adalah mesin utama split AC. Tugasnya adalah untuk mempompa gas freon ke sirkulasi AC.
  • Kapasitor : Kapasitor ini dipasang untuk membantu dinamo motor kompresor bekerja.
  • Kondensor : Alat ini terbuat dari pipa besi dan berfungsi untuk mengkondensasi gas freon. Akibatnya, kondensor akan terasa panas saat AC bekerja.
  • Kipas / Blower : Kipas pada AC outdoor ini berfungsi untuk mempercepat membuang panas sehingga mempercapat pendinginan.

Cara Kerja AC Split Outdoor

Kompresi

Kompresor bekerja dengan menekan atau memompa gas freon untuk memungkinkan sirkulasi berjalan. Tekanan tinggi pada kompresor menghasilkan suhu yang tinggi. kemudian akan mengalir keluar dari kompresor menuju kondensor.

Kondensasi

Ketika freon menuju kondensor, terjadi proses kondensasi dimana freon yang berbentuk gas dan bersuhu tinggi menjadi cair. Pada kondisi ini, proses pendinginan mulai dilakukan.

Ekspansi

Ini adalah proses peralihan di mana freon keluar dari kondensor dan menuju evap melalui pipa kapiler.

Evaporasi 

Selama proses ini, freon didinginkan kembali dan diubah menjadi gas. Freon yang masuk ke evaporator memiliki suhu rendah dan tekanan tinggi. Dan kipas atau blower akan digunakan untuk mendinginkan ruangan.

Cara Kerja AC Split Indoor

Berbicara tentang cara kerja AC, terdapat dua hal yaitu sirkulasi udara dan sirkulasi freon.

Sirkulasi Udara 

AC split terdiri dari dua bagian, unit indoor dan outdoor. Keduanya memiliki kipas atau blower yang sama, tetapi fungsinya sedikit berbeda.

Sirkulasi udara bagian indoor, udara ruangan akan masuk karena dihisap oleh blower yang berada dibagian belakang AC, kemudian melewati filter dan evaporator. Filter berguna untuk menyaring kotoran yang masuk. Evaporator yang memberi efek pendinginan dan udara akan dihebuskan keluar melewati swing evaporator.

Namun, komponen AC luar termasuk kompresor kondensor dan blower, yang berfungsi sebagai pembuang panas. Kipas blower ini mempercepat proses pembuangan panas yang dilepaskan dari kondensor. Ini mungkin informasi singkat tentang komponen AC Split Indoor dan Outdoor, serta fungsi dan cara kerjanya. Semoga memahami sistem kerja AC menjadi lebih mudah dengan artikel ini.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait