Fun Fact

5 Jurusan Teknik yang Langkah di Indonesia

Untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi, memang tersedia banyak fakultas yang bisa kamu pilih, salah satunya fakultas teknik.

Teddy Alfansyah23 Desember 2021

Jurusan teknik yang sering terdengar di Indonesia adalah teknik sipil, teknik informatika, teknik industri dan lainnya. Namun ada juga jurusan teknik yang bahkan cuman ada satu di Indonesia.

Apa saja jurusan teknik langka di Indonesia, berikut adalah jurusan teknik yang langka di Indonesia.

1. Teknik Nuklir

Teknik Nuklir merupakan program studi yang belajar tentang ilmu nuklir beserta turunannya. Mahasiswa Teknik Nuklir mempelajari perkembangan nuklir di bidang energi dan nonenergi, komponen fisi nuklir, dan perawatan sistem.

Universitas yang menyediakan prodi Teknik Nuklir di Indonesia yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Lulusan Teknik Nuklir bisa bekerja sebagai ahli Teknik Nuklir, ahli teknik material, ahli kimia, ahli pengolahan bahan bakar, akademisi dan lainnya.

2. Teknik Robotik dan Kercerdasan Buatan

Program studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan mempelajari tentang pengembangan integrasi robotika dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Nantinya jurusan Teknik Robotik dan Kecerdasan Buatan dapat membuat sistem untuk berbagai bidang.

Jurusan ini hanya ada di Universitas Airlangga (Unair). Lulusan jurusan Teknik Robotik dan Kecerdasan Buatan punya prospek kerja sebagai tenaga ahli, peneliti, dan manajer proyek. . 

3. Teknik Pengairan

Teknik Pengairan mempelajari perencanaan desain, pengoperasian, dan pemeliharaan bangunan sumber daya air. Lulusan Teknik Perairan bisa bekerja sebagai ahli hidrologi, ahli teknik lingkungan, insinyur sipil, ahli teknik lingkungan, dan lainnya.

Universitas Brawijaya adalah universitas yang menyediakan jurusan Teknik Pengairan. Proskpek jurusan ini kedepannya juga tentu akan semakin besar mengingat Indonesia sendiri adalah negara yang memiliki kawasan dengan sumber daya air yang melimpah.

4. Teknik Transportasi Laut

Program studi Teknik Transportasi Laut masih berkaitan dengan kemaritiman selain jurusan Oseanografi. Program studi Teknik Transportasi Laut hanya ada di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Kamu akan mempelajari tiga fokus utama yaitu pelabuhan, pelayaran, dan logistik kemaritiman. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai aspek politik, budaya, dan keamanan. Prospek kerja lulusan Teknik Transportasi Laut adalah industri pelayaran, minyak dan gas dan lainnya.

5. Rekayasa Nanoteknologi 

Pada jurusan Rekayasa Nanoteknologi ini, kamu akan mempelajari tentang materi pada skala nano, molekul, dan supramolekul. Materi tersebut akan direkayasa menjadi benda baru dengan karakteristik yang diinginkan.

Jurusan Rekayasa Nanoteknologi terdapat di fakultas teknik Universitas Airlangga. Setelah lulus dapat bekerja sebagai tenaga ahli, peneliti, konsultan, dan akademisi.

Itu dia beberapa jurusan teknik langkah yang ada di Indonesia. Meskipun langka dan masih belum banyak peminatnya, namun memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Jadi tidak ada salahnya mengambil jurusan tersebut sebagai pilihan karir kamu.

Share:

0 Komentar