Kreatifitas

6 Hal Yang Perlu Dilakukan Mahasiwa Sebelum Lulus

Menjadi seorang mahasiswa tidak hanya harus fokus mengikuti kegiatan perkuliahan. Kita juga dapat mengikuti kegiatan-kegiatan di luar perkuliahan. Dan apa aja kegiatan yang bisa dilakukan mahasiswa sebelum lulus?

Teddy Alfansyah1 Juni 2021

Mahasiswa pada umumnya tidak hanya fokus menyelesaikan perkuliahan. Kita juga dapat mengikuti kegiatan-kegiatan di luar pembelajaran untuk semakin mengasah skill yang kita miliki dan menambah pengalaman.

Berikut hal-hal perlu dilakukan seorang mahasiswa sebelum lulus: 

1. Kenali Minat Diri

Sebagai seorang mahasiwa, cobalah untuk mengetahui minat dan bakat yang kamu miliki, sehingga kamu dapat terus mengasahnya agar dapat berguna nantinya. Kamu juga dapat terus melatih kemampuan hard skill maupun soft skill kamu agar semakin baik.

Dalam dunia kerja, hard skill maupun soft skill sangat diperlukan untuk bekerja. Kamu juga dapat menekuni hobi yang mungkin saja bisa mendatangkan pundi pundi uang.

2. Gabung Organisasi

Biasanya di lingkungan kampus, tersedia banyak organisasi organisasi yang tersedia bagi mahasiswa. Cobalah untuk kamu bergabung dan pilih yang sesuai dengan minat yang kamu sukai, yang tentunya akan semakin menambah semangat dalam mengikuti setiap kegiatan yang ada.

Dengan mengikuti organisasi, tentunya hard skill, soft skill dan pengalaman kamu akan semakin bertambah.

3. Mengikuti Program Magang

Sebagai seorang mahasiswa, kamu juga dapat mengikuti kegiatan magang, karena dengan mengikuti kegiatan magang, kamu akan tau bagaimana lingkungan kerja yang sebenarnya dan juga kamu dapat mengimplementasikan ilmu kamu yang didapat di bangku kuliah pada saat magang.

Dengan mengikuti kegiatan magang, baik hard skill atau soft skill kamu akan semakin terlatih, karena kamu akan ditempa dengan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Pengalaman tersebut pasti akan berguna saat kamu akan memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

4. Mengikuti Event Kampus

Kamu bisa mengikuti kegiatan seperti seminar,workshop, dll. Biasanya kampus akan rutin mengadakan kegiatan-kegiatan tersebut dan kamu dapat mengikutinya sesuai dengan minat yang kamu miliki. Dengan mengikuti seminar dan workshop pengetahuan kamu terhadap suatu bidang akan semakin bertambah. 

5. Menjadi Freelance

Bagi seorang mahasiswa, menjadi freelance juga dapat melatih kemampuan kamu pada suatu bidang. misalnya desain, kamu dapat menjual hasil karya kamu pada website ataupun kamu  juga dapat menerima jasa desain.

Dengan menjadi seorang freelance, skill kamu pasti akan semakin berkembang karena kamu dituntut untuk dapat melakukan banyak hal. Dan menjadi freelance pastinya kamu akan mendapat uang.

Untuk menjadi seorang freelancer profesional, kamu harus membangun portofolio yang baik agar calon klien kamu tertarik pada desain atau jasa yang kamu tawarkan.

6. Jalin Relasi

Relasi dapat kamu bangun dengan kegiatan-kegiatan yang kamu ikuti seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seperti magang, organisasi, event, freelance dll. Cobalah untuk menjalin pada setiap orang yang kamu temui pada kegiatan tersebut,

Seperti sekedar bertegur sapa dengan atasan ditempat magang kamu atau menjalin komunikasi antar sesama mahasiwa. Dengan menjalin relasi yang luas dan baik, kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah pun akan semakin terbuka lebar.

Itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan sebelum lulus kuliah. Mana saja yang sudah kamu lakukan?

 

 

 

 

 

 

Share:

0 Komentar