Pengetahuan

7 Tips Mendapat IPK CumLaude, Mahasiswa Wajib Tau!

IPK merupakan nilai yang didapat saat berada di bangku perkuliahan, IPK menjadi bukti pencapaian dan kesuksesan dalam menempuh studi di perguruan tinggi.

Teddy Alfansyah6 Juli 2021

Memiliki IPK yang tinggi merupakan keinginan setiap mahasiswa. Namun untuk mendapatkan IPK yang tinggi bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus dilakukan. Untuk mengetahuinya simak artikel dibawah ini mengenai tips mendapat IPK cum laude.

1. Menjadi Mahasiswa Aktif

Saat kelas sedang berlangsung, kamu mulailah diskusi dengan dosen. Bentuknya seperti mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan yang diajukan dosen. Dengan demikian kamu akan mendapat nilai tambah dan dosen pun akan lebih mengenal kamu.

2. Mengerjakan Tugas Tepat Waktu

Penting bagi kamu untuk mengerjakan tugas yang diberikan dosen sesuai waktu yang telah diberikan. Apabila sampay terlambat dalam mengerjakan tugas yang diberikan, nilai kamu bisa saja dikurangi atau tidak lagi diterima oleh dosen karena sudah melewati batas waktu yang diberikan.

Manfaat mengerjakan tugas tepat waktu, kamu juga akan terhindar dari menumpuknya tugas yang justru akan membuat kamu semakin pusing karena harus membagi waktu dalam mengerjakan tugas.

3. Fokus Saat Menerima Materi

Saat dosen menjelaskan materi perkuliahan, kamu harus fokus mendengarnya. Karena jika kamu tidak fokus, bisa saja kamu akan kesulitan dalam menerima materi yang sudah dijelaskan oleh dosen.

Jika kamu memang tidak paham dengan materi yang dijelaskan, kamu dapat bertanya pada dosen atau teman yang mengerti pada materi tersebut.

Baca : 5 Manfaat yang Anak Teknik Rasakan Bila IPK Lebih dari 3.00

4. Rajin Mencatat

Meskipun saat ini semua sudah serba digital, namun tidak ada salahnya kamu untuk mencatat bahan ajar yang sudah disampaikan oleh dosen. Kamu dapat mencatat poin-poin penting dari materi yang sudah dosen sampaikan. Karena dengan mencatat kita akan lebih mudah memahami materi yang diberikan dosen.

5. Jangan Bolos

Kehadiran tentunya mempengaruhi penilaian, selain nilai jika kamu selalu hadir dalam perkuliahan kamu akan lebih mudah dalam menyerap pelajaran karena mendengar langsung dari apa yang dosen sampaikan ketimbang melihat catatan dari teman. Untuk itu pastikan kamu selalu hadir dalam perkuliahan jika memang tidak ada keperluan yang mendesak.

6. Kenali Tipe Dosen

Cobalah ketahui bagaimana karakteristik dosen dalam memberikan penilaian kepada mahasiswanya, misalnya ada dosen yang suka mahasiswa yang aktif di kelas atau hanya melihat nilai dari ujian. Maka, kamu perlu mengenal bagaimana dosen memberikan nilai, agar kamu bisa menyesuaikan diri agar mendapat nilai yang maksimal.

7. Cari Teman Yang Memberikan Dampak Positif

Lingkungan terkadang juga akan mempengaruhi kamu dalam belajar, carilah teman yang memang semangat dalam belajar agar kamu bisa lebih termotivasi. Kamu pun juga bisa saling bertukar pikiran mengenai pelajaran yang tentunya akan semakin menambah pengetahuan kamu.

Baca juga : Tidak Cuman Cum Laude, Kenali Istilah Penghargaan di Dunia Kuliah!

Itu tadi adalah tips-tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan IPK cum laude. Langsung segera praktikkan

 

Share:

0 Komentar