Pengetahuan

7 Tips Menentukan Judul Skripsi, Mahasiswa Akhir Wajib Tau!

Walaupun terkesan mudah, namun banyak mahasiswa akhir yang kebingungan dalam menentukan judul dari skripsi.

Teddy Alfansyah14 Juli 2021

Untuk kamu yang masih kebingungan dalam menentukan judul skripsi, simak artikel dibawah ini!

1. Siapkan Banyak Judul Skripsi

Ada baiknya kamu menyiapkan lebih dari satu judul sebagai cadangan. Pastikan judul yang dibuat memiliki tema yang berbeda, sehingga memiliki kemungkinan salah satu akan diterima. Karena jika judul skripsi kamu ditolak, kamu sudah memiliki judul cadangan.

2. Buat Judul Skripsi Berdasarkan Minat

Buatlah judul skripsi berdasarkan minat yang kamu miliki, pastikan judul skripsi yang kamu buat sesuai dengan minat dan ketertarikanmu yang berkaitan dengan tema yang diambil. Jangan sampai judul yang kamu buat justru akan menyulitkan kamu karena kamu tidak memiliki minat dan ketertarikan pada tema yang diangkat.

3. Baca Skripsi Orang Lain

Kamu bisa mencari referensi judul skripsi dari yang sudah pernah dibuat, kamu bisa membaca skripsi milik kakak tingkat, internet, perpustakaan ataupun jurnal. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam menemukan ide untuk membuat judul skripsi, karena sudah mendapat referensi dari skripsi yang sudah ada.

4. Buat Skripsi Berdasarkan Fenomena Sekitar

Buatlah judul skripsi berdasarkan femomena yang terjadi saat ini disekitar kamu, karena akan lebih menarik bagi dosen pembimbing. Untuk itu kamu harus rajin dalam membaca berita untuk mengetahui kabar terbaru atau yang sedang diperbincangkan. Kamu juga bisa mengangkat persalahan yang sedang terjadi disekitar kamu.

5. Pastikan Tema yang Diambil Dapat Selesai Tepat Waktu

Pastikan tema dan permasalahan yang kamu angkat bisa diselesaikan dengan tepat waktu, untuk itu kamu juga perlu mempertimbangkan berapa lama kamu bisa menyelesaikan skripsi tersebut.

6. Lakukan Pendekatan Ke Lapangan Secara Langsung

Sebelum membuat skripsi, tidak ada salah kamu untuk melakukan pendekatan secara langsung ke tempat yang ingin dijadikan lokasi penelitian skripsi. Hal ini dapat membantu kamu dalam menemukan judul skripsi yang menarik, kamu bisa mengunjungi calon lokasi penelitian, mendalami permasalahan yang sedang terjadi dan mengenal pihak-pihak yang ada di lokasi tersebut.

7. Ikut Seminar dan Workshop

Kamu juga dapat mengikuti kegiatan di luar pembelajaran kampus, seperti mengikuti seminar dan workshop yang membahas penulisan karya ilmiah atau penyusunan skripsi. Selain menambah pengetahuan tentang cara penulisan skripsi, dengan mengikuti kegiatan tersebut kamu juga bisa berpeluang menemukan ide-ide dalam membuat judul skripsi. Bahkan dengan mengikuti kegiatan tersebut kamu juga bisa menambah teman yang bisa diajak berdiskusi dalam membuat judul skripsi.

 

 

 

Share:

0 Komentar