Pengetahuan

8 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, hard skill dan soft skill tentunya merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh seorang mahasiswa agar dapat bersaing kedepannya di dunia kerja.

Teddy Alfansyah12 Januari 2022

Hard skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan hal-hal teknis yang dipelajari melalui pendidikan. Sedangkan soft skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan kepribadian atau pengembangan karakter.

Jika hard skill diperoleh melalui praktek dari pendidikan. Soft skill didapatkan dengan berinteraksi dengan orang lain. Apa saja contoh dari soft skill, simak artikel berikut !

1. Tanggung jawab

Sejak usia dini, seseorang sudah diberikan tanggung jawab. Hal itu dikarenakan sikap tanggung jawab sangat penting bagi diri seseorang.

Bentuk dari sikap tanggung jawab adalah menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang diberikan. Contoh implementasi tanggung jawab sebagai mahasiswa adalah menyelesaikan tugas tepat waktu, hadir dan mengikuti perkuliahan.

2. Kemampuan beradaptasi

Kemampuan beradaptasi merupakan kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru secara cepat. Kemampuan beradaptasi sangat penting bagi seorang mahasiswa terutama mahasiswa baru.

Mahasiswa baru harus menyesuaikan lingkungan kampus yang tentunya berbeda dengan lingkungan sekolah. Untuk itu, kemampuan adaptasi sangat diperlukan mahasiswa.

3. Manajemen waktu

Manajemen waktu sangat penting bagi seorang mahasiswa. Apabila mahasiswa bisa mengatur waktu, dia bisa menjalani kegiatan perkuliahan, organisasi atau lainnya.

Mahasiswa harus membuat skala prioritas agar mengalokasikan waktu dengan optimal pada setiap kegiatan.

4. Kepemimpinan

Seorang mahasiswa harus memiliki sikap kepemimpinan jika ingin sukses.

Akan ada saatnya bagi mahasiswa harus memimpin, memberikan arahan, menyelesaikan konflik, menampung setiap masukan. Sikap kepemimpinan akan sangat berguna untuk mahasiswa yang aktif dalam organisasi. Tak terkecuali bagi ketua organisasi yang dituntut untuk memimpin sebuah tim.

5. Problem solving

Penting bagi mahasiswa mempunyai kemampuan problem solving, terutama dalam kegiatan organisasi.

Kemampuan ini akan sangat berguna bila dihadapkan pada pengambilan keputusan dan mengatasi masalah. Memiliki kemampuan problem solving memudahkan mahasiswa mencari solusi terbaik dari masalah dihadapi.

6. Bekerja dengan tim

Mahasiswa tidak selama dapat mengerjakan sebuah tugas sendirian, adakalanya harus dikerjakan bersama-sama. Dalam kerjasama tim, mahasiswa harus melakukan kerjasama yang efektif untuk mencapai tujuan. Mengutamakan kepentingan kelompok agar apa yang sedang dikerjakan dapat selesai dengan baik.

Bentuk kerjasama antara lain mengutamakan kepentingan kelompok diatas kepentingan pribadi, menghargai pendapat orang lain, melaksanakan kesepakatan kerjasama secara bertanggung jawab.

7. Menjalin relasi

Relasi sangat diperlukan bagi seorang mahasiswa atau bagi kalangan pekerja. Dengan relasi yang luas, berguna dalam perkuliahan dan membuka banyak kesempatan di kala mencari kerja. Mahasiswa bisa mencari relasi melalui kegiatan organisasi, event-event yang melibatkan mahasiswa diluar prodi.

Mahasiswa juga dapat memanfaatkan media online untuk menjalin relasi. Salah satunya dengan menggunakan LinkedIn untuk membangun relasi dan personal branding secara profesional.

8. Komunikasi

Komunikasi merupakan salah satu soft skill yang wajib dimiliki semua orang, termasuk mahasiswa. Karena setiap hari akan berinteraksi dengan sesama teman mahasiswa, dosen atau orang lain.

Untuk itu perlu untuk dapat menempatkan diri dalam berkomunikasi sesuai dengan situasi. Contoh bentuk komunikasi adalah mampu menyampaikan informasi kepada orang lain secara efektif.

Share:

0 Komentar