Kreatifitas

8 Tips Kuliah Online Saat Isolasi Mandiri

Melakukan kuliah online ditengah isolasi mandiri tidaklah mudah, karena banyak kendala yang akan dilalui.

Teddy Alfansyah7 Agustus 2021

Isolasi mandiri sangatlah kurang menyenangkan. Aktivitasmu sangat terbatas, apalagi kalau masih dalam perkuliahan. Supaya kuliahmu tidak terganggu berikut adalah tips bagi kamu agar tetap lancar mengikuti kuliah secara online disaat isolasi mandiri.

1. Izin dan lapor kepada dosen atau guru

Saat sedang menjalani isolasi mandiri, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah izin dan melapor terlebih dahulu kepada dosen atau guru. Dengan begitu, dosen atau guru akan lebih memahami keadaan kamu saat ini. Dosen atau guru juga akan lebih memberikan keringanan jika kamu tidak dapat hadir saat kegiatan belajar mengajar.

2. Sering berkomunikasi dengan teman sekelas

Jika kamu memiliki kendala saat kegiatan belajar berlangsung ataupun kendala saat mengerjakan tugas, kamu bisa berkomunikasi dengan teman sekelas kamu. Dengan begitu kamu tidak akan terlalu berat atau kesulitan dalam belajar selama isolasi mandiri.

3. Kerjakan tugas tepat waktu

Ada baiknya kamu mengumpulkan tugas tepat pada waktunya, agar tugas tersebut tidak semakin menumpuk dan hanya akan menyulitkan kamu dalam mengerjakannya. Manfaatkan waktu luang dan disaat badan lebih enakan untuk mengerjakan tugas.

4. Istirahat yang cukup

Dalam menjalankan isolasi mandiri, istirahat sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit sehingga saat belajar mengajar berlangsung kamu dapat menjalaninya dengan baik. 

5. Makan yang teratur

Disaat isolasi mandiri, kamu juga harus menjaga asupan dan pola makan. Kamu dapat memperbanyak menkonsumsi sayur dan buah. Karena dengan menkonsumsi makanan yang sehat akan membuat kondisi tubuh kamu tetap fit dalam menjalani aktivitas, terutama kegiatan belajar mengajar. Hindari makanan yang kurang sehat, minuman beralkohol dan merokok.

6. Minum obat dan vitamin 

Agar proses penyembuhan berlangsung lebih cepat, kamu dapat meminum obat dan vitamin secara rutin. Namun pastikan obat dan vitamin yang kamu minum sesuai dengan anjuran dari dokter.

7. Berolahraga 

Jika kondisi tubuh kamu memungkinkan dan tidak ada gejala yang dirasakan, kamu dapat melakukan olahraga ringan. Hal tersebut dapat membantu agar tubuh kamu tetap sehat dalam beraktivitas.

8. Kelola Stres

Meskipun dalam keadaan yang sulit, kamu tetap harus bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Karena jika kamu semangat dan bahagia dapat membantu dalam penyembuhan. Hindari berpikir negatif karena hanya akan membuat kamu merasa stres dan bisa saja kondisi kamu menjadi lebih buruk. Untuk menhindari stres tersebut, kamu dapat menjalani kegiatan yang kamu suka seperti bermain game, menonton film, membaca buku dan lainnya.

Walau dalam keadaaan isolasi mandiri setidaknya tips ini membantu kamu supaya gak menganggu perkuliahan sama sekali. 

 

 

 

 

Share:

0 Komentar