Pengetahuan

9 Profesi Untuk Kamu Dengan Kepribadian Ekstrovert

Orang yang berkepribadian ekstrovert adalah tipe orang yang menyukai melakukan interaksi dengan orang lain. Apa saja profesi untuk orang kepribadian ekstrovert

Teddy Alfansyah1 Februari 2022

Orang yang berkepribadian ekstrovert sangat suak berinteraksi dengan orang lain. Sebab, berinteraksi adalah hal yang menyenangkan bagi orang dengan kepribadian ekstrovert. 

Bagi kamu yang memiliki kepribadian ekstrovert, profesi berikut ini sangat cocok bagi kamu. Profesi ini melibatkanmu untuk dapat berinteraksi dengan  banyak orang. Apa saja profesi tersebut, simak artikel berikut!

1. Public Relations

Public Relations

Public Relations merupakan profesi yang bertugas menjembatangi antara dua pihak. Maka, seorang public relations harus paham bagaimana konsep berkomunikasi.  Sehingga dapat menyusun rencana bagaimana berkomunikasi dan mengeksekusi untuk membangun citra perusahaan.

2. Event Planner

Event Planner

Event planner bertugas menyusun dan mewujudkan rencana sesuai dengan tujuan dari suatu acara. Dalam pengeksekusian dan pengelolaan acara, event planner juga dibantu oleh event organizer.

Event planner butuh kemampuan berpikir kreatif untuk menggali ide menarik sesuai keinginan klien. 

3. Sales

Sales

Sales mempunyai tugas dan tanggung jawab menawarkan barang atau jasa kepada calon pembeli. Seorang sales adalah bagian terdepan bagi perusahaan dalam transaksi jual-beli atau jasa.

Berbagai cara untuk menawarkan dagangan ke toko, bermitra, dan langsung menawarkan ke pelanggar.

Sales memiliki skill komunikasi yang baik. Serta dapat membangun hubungan interpersonal dengan pelanggan.

4. Penyiar

Seorang penyiar mempunyai tugas menyiarkan informasi kepada masyarakat melalui siaran radio atau televisi.

Untuk di radio, penyiar akan membawakanacara, menyampaikan informasi, mempromosikan suatu produk dan lainnya.

Selain di radio, penyiar juga dapat bekerja di stasiun televisi. Pada televisi penyiar biasanya disebut dengan pembaca berita. Peran penyiar sangat penting untuk kesuksesan acara yang dipandunya.

Maka dari itu, penyiar perlu dapat mengolah kata dan membawa acara dengan baik.

5. Pengacara

Pengacara

Pengacara adalah profesi yang menawarkan jasa hukum. Jasa hukum yang diberikan berupa konsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa maupun tindakan hukum lainnya untuk kepentingan klien.

Pengacara juga mampu memberikan jasa konsultasi, pembuatan kontrak dagang, surat perjanjian maupun surat wasiat.

6. Pemandu Wisata

Pemandu wisata merupakan profesi yang bertanggung jawab mendampingi dan memberikan petunjuk kepada wisatawan.

Pemandu wisata bertugas menjelaskan seluk beluk tempat-tempat yang dikunjungi selama perjalanan wisata.

Untuk menjadi seorang pemandu wisata butuh kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. harus mempunyai pengetahuan yang luas terkait objek yang akan dikunjungi.

7. Pengajar

Pengajar

Pengajar dapat diartikan sebagai guru di sekolah, dosen, ataupun guru privat. Seorang pengajar memiliki tanggung jawab dalam mengajar, membimbing, menilai dan mengevaluasi peserta didiknya.

Sebagai pengajar penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan bersemangat untuk belajar. Untuk itu, pengajar mempunyai kemampuan berkomunikasi dan rasa empati untuk menyesuaikan cara belajar berdasarkan peserta didik.

8. Jurnalis

Tugas jurnalis yaitu penulisan, menganalisa, dan melaporkan peristiwa lewat media massa dan online.

Seorang jurnalis akan mewawancarai narasumber untuk mendapat informasi yang akurat. Informasi tersebut akan dianalisa keautentikan informasi untuk disampaikan kepada masyarakat melalui media massa.

9. Customer Service

Customer service menyediakan informasi atau layanan terkait produk barang atau jasa oleh perusahaan.

Customer service akan melayani berbagai pertanyaan, saran, dan keluhan terkait produk atau layanan. Lalu, customer service memberikan saran sesuai masalah konsumen terkait produk atau layanan perusahaan.

Dalam tugasnya, customer service tidak semua ditempatkan sebagai frontliner. Ada juga customer service yang tugasnya melayani pertanyaan, saran atau keluhan konsumen. 

Itu dia beberapa profesi yang cocok untuk kamu yang berkepribadian ekstrovert. Tentunya masih banyak lagi profesi lainnya. Namun profesi cocok bagi kamu yang mudah bergaul dengan orang lain karena harus berkomunikasi dengan orang lain.  

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait