Kreatifitas

Lakukan 6 Hal Ini Jika Belum Mendapat Pekerjaan, Job Seeker Wajib Tau!

Sebagai seorang job seeker, terkadang kita akan merasa stress bila tidak kunjung mendapat pekerjaan, ada banyak faktor kenapa para job seeker belum mendapat pekerjaan.

Teddy Alfansyah26 Juni 2021

Karena itu kamu dapat melakukan hal-hal berikut jika belum mendapat pekerjaan

1. Ikut kegiatan magang

mengikuti magang dari perusahaan

Mengikuti program magang merupakan pilihan terbaik dalam memulai karir, karena kamu akan merasakan bagaimana gambaran dunia kerja yang sebenarnya. Pastikan juga kamu magang pada posisi yang relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu inginkan, agar dapat memperkaya pengalaman kamu pada bidang tersebut.

2. Perbaiki CV

memperbaiki cv

Pastikan kamu selalu mengevaluasi CV secara berkala, mulai dari penggunaan bahasa hingga isi dari CV tersebut. Kamu juga bisa meminta saran dari orang yang sudah bekerja untuk mereview CV yang sudah kamu buat. Tidak hanya CV tertulis, kamu juga sebaiknya memperbaiki CV digital. CV digital yang dimaksud adalah LinkedIn dan media sosial yang kamu miliki, karena bisa saja pekerjaan datang dari media sosial yang kita miliki.

Untuk itu, mulai sekarang kamu dapat menggunggah hal-hal yang mendefinisikan diri kamu atau keahlian yang kamu miliki. Misalnya kamu mempunyai keahlian editing video, kamu bisa memposting video-video hasil editan kamu di media sosial yang kamu miliki, bisa jadi jika ada orang yang tertarik pada karya kamu mereka akan menawarkan pekerjaan pada kamu.

3. Lamar posisi lain

melamar pekerjaan di posisi lain

Salah satu kesalahan seorang fresh graduate adalah terlalu terpaku pada satu posisi pekerjaan, Untuk tidak ada salah untuk kamu mencoba melamar di posisi lain yang masih sesuai dengan kemampuan dan potensi yang kamu miliki, karena siapa tau dengan melamar pada posisi lain tersebut kamu justru akan diterima kerja.

4. Mengikuti kursus 

mengikuti kursus online

Kamu dapat memanfaatkan waktu sebelum bekerja dengan mengikuti kursus, kamu dapat mengikuti kursus yang sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Dengan begitu, keahlian kamu akan semakin terasah sehingga kamu bisa lebih "menjual" keahlian kepada perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan. Saat ini banyak sekali kursus atau pelatihan, mulai dari yang offline dan online, untuk itu kamu juga harus memastikan kredibilitas dari tempat kursus tersebut agar sertifikasi kursus kamu diakui oleh perusahaan.

5. Jalin relasi 

menjalin relasi

Penting bagi kamu untuk menjalin relasi sebanyak-banyaknya, karena dari relasi tersebut mungkin saja kamu bisa mendapat pekerjaan. Kamu dapat menjalin relasi dengan teman-teman satu kampus, alumni, dosen ataupun melalui media sosial seperti LinkedIn.

6. Manfaatkan situs job portal

ilustrasi mencari kerja dari situs job portal

Selanjutnya kamu juga bisa memanfaat situs job portal yang ada, karena biasanya akan lebih banyak lowongan pekerjaan yang dibuka. Untuk itu kamu perlu mengoptimalkan situs-situs tersebut. 

 

 

 

 

Share:

0 Komentar