Teknologi

Pengaruh Nilai Oktan untuk Mesin Kendaraan dan Lingkungan

Setelah menaikan harga BBM, kebijakan terbaru dari pemerintah dan DPR adalah menghapus BBM dengan nilai RON dibawah 90 untuk energi ramah lingkungan. Apakah hubungan RON dengan lingungan dan juga untuk mesin kendaraan?

M. Ulud Risaldi16 September 2022

Kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) baru saja menjadi suatu kebijakan yang sudah diambil oleh pemerintah. Baru-baru ini kebijakan untuk menghapus peredaran BBM dengan nilai RON dibawah 90 dengan alasan menjaga lingkungan. Lantas apakah yang dimaksud dengan RON dan pengaruhnya untuk mesin kendaraan dan lingkungan?

Pengertian RON

RON atau Recearch Octane Number adalah indikator untuk menentukan kualitas BBM berdasarkan nilai oktan. Nama oktan merupakan nama bahan kimiawi oktana (C8). Bahan oktana dipilih karena molekul penyusun bensin yang memiliki kompresi paling bagus.

Nilai RON menunjukan banyaknya ketukan (knocking) yang dihasilkan diruang pembakaran kendaraan. Secara sederhana RON menunjukan besar tekanan yang diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan di ruang pembakaran. .

Pengaruh RON dan mesin kendaraan

Semakin tinggi nilai RON maka akan semakin baik juga kualitas BBM. Dalam produksi oleh Pertamina saat ini, nilai RON yang paling rendah ADALAH Pertalite dengan RON 90, Pertamax dengan RON 92, Pertamax Turbo dengan RON 98. Hubungan nilai RON dengan kendaraan.

Nilai RON yang tinggi maka BBM akan semakin lama untuk proses pembakaran. Dengan demikian tidak menghasilkan residu yang dapat mengganggu kinerja mesin kendaraan. Tetapi perlu menjadi catatan adalah bahwa tidak semua mesin cocok menggunakan BBM dengan RON tinggi.

Pemilihan BBM perlu memperhatikan spesifikasi mesin kendaraan.  BBM dengan nilai RON yang tinggi berpasangan dengan mesin dengan nilai kompresi yang tinggi. Kompresi pada kendaraan menunjukan jumlah tekanan udara pada silinder kendaraan. Proses kompresi terjadi pada saat piston menyemprotkan bahan bakar yang kemudian ditangkap oleh busi api. Mesin yang memiliki kompresi tinggi memiliki rentang yang kecil antara volume silinder dan piston.

Indikator untuk menentukan pemilihan bahan bakar yang tepat untuk mesin adalah menggunakan nilai rasio kompresi (r) mesin.

Untuk mendapatkan nilai ini didapatkan dari nilai volume ruang bakar (Vr) dan volume silinder (Vs), dengan rumus sebagai berikut: r = Vr + Vs / Vr 

Sebagai referensi, untuk kendaraan yang mempunyai kompresi dibawah 9:1 masih bisa menggunakan bahan bakar bensin berjenis premium. Kendaraan dengan kompresi 9,1:1 sampai 10:1 menggunakan pertamax 96 atau sejenisnya. kendaraan berkompresi 10,1 keatas sebaiknya menggunakan pertamax plus atau sejenisnya (Y.Efendi : 2007).

Nilai RON dan keadaan lingkungan

Salah satu dasar keputusan pemerintah mengambil kebijakan untuk menghapus perderan BBM dengan RON dibawah 90 adalah karena banyak menyubangkan polutan di udara. Penggunaan BBM dengan RON diatas 90 dinilai bagus untuk kelestarian lingkungan.

Melalui peraturan Kementrian LHK No.20 Tahun 2007 yaitu mengharuskan penerapan BBM dengan standar emisi Euro 4. Standar emisi  Euro 4 memberi batasan kandungan nitrogen oksida pada mesin kendaraan maupun diesel.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait