Pengetahuan

Pengertian, Fungsi dan Pembagian Gerbang Pembuka dari Sistem Elektronika Digital

Mengenal gerbang untuk penggunaan rangkaian digital yang biasa disebut gerbang logika.

M. Ulud Risaldi31 Mei 2022

Pengertian gerbang logika

Gerbang logika merupakan sebuah hubungan input dan output yang membangun sebuah sistem elektronika digital dengan memanfaatkan prinsip kerja albjabar boolean. Kondisi yang terdapat dalam gerbang logika adalah 1 dan 0, atau High dan Low, atau ON dan OFF. atau True dan False.

Gerbang logika menjadi blok dasar rangkaian elektronika digital. Umumnya gerbang logika terdiri dari dua input menghasilkan satu output.

Gerbang logika terdiri dari beberapa bagian yang meliputi relay, transistor dan dioda. Ketiga bagian ini beroperasi dengan menggabungkan lebih dari satu gerbang logika.

Fungsi gerbang logika

Sesuai namanya, fungsi gerbang logika untuk mengoperasi logika dasar pembentuk sirkuit digital dengan prinsip kerja aljabar boolean. Gerbang logika mengatur output sesuai dengan yang dibutuhkan input. Tidak jarang gerbang logika dikatakan sebagai saklar dengan fungsi yang berbeda.

Gerbang logika dapat dikatakan sebagai gerbang untuk memasuki pagar wilayah rangkaian digital.

Pembagian gerbang logika

simbol gerbang logika
simbol dan tabel kebenaran gerbang logika

Terdapat 3 operasi dasar gerbang logika yang menjadi yaitu AND, OR dan NOT. Karena ketiga operasi tersebut merupakan logika tunggal. Jika digabungkan dapat membentuk logika lainnya yaitu NAND (NOT-AND), NOR (NOT-OR), XOR (Exclusive OR) dan XNOR (Exclusive NOT OR). Gunakan tabel kebenaran sebagai parameter  ntuk dapat menganalisis input dan output. 

1. AND

Gerbang logika AND akan menghasilkan nilai 1 apabila seluruh input yang melewati gerbang logika bernilai 1. Dalam operasi matematika gerbang logika AND sama dengan operasi perkalian.

Simbol yang menyatakan gerbang logika AND dinotasikan dengan tanda titik (.). Salah satu penerapan logika AND dalam komponen elektronika adalah IC 7208.

2. OR

Gerbang logika OR merupakan gerbang logika yang dalam operasi matematika sama halnya dengan penjumlahan. Hasil output dari gerbang logika OR akan bernilai 1 apabila salah satu atau semua input bernilai 1.

Simbol dari gerbang logika OR dinotasikan dengan tanda plus (+). Komponen elektronika yang menerapkan prinsip kerja gerbang logika OR adalah IC 7432.

3. NOT

Inverter (pembalik) merupakan prinsip kerja dari gerbang logika NOT. Karena gerbang logika NOT akan menghasilkan output yang berbalik dengan input. Gerbang logika NOT hanya dapat mengoperasikan satu input untuk satu output.

Gerbang NOT disimbolkan dengan tanda min (-) diatas variabel input. Salah satu komponen elektronika dengan prinsip kerja gerbang NOT adalah IC 7404

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait