Teknologi

3 Inovasi Digital Street Furniture dari Berbagai Negara

Berikut ini ada 3 inovasi digital street furniture dari berbagai negara yang cocok untuk satu sampai tiga pengguna.

Ummu Rahayu8 Juni 2021

Teknologi digital menghadirkan pekerja-pekerja nomaden yang bisa bekerja di mana saja dengan bahkan di pinggir jalan. Permintaan terhadap perabot jalan digital pun meningkat, khususnya di kawasan perkantoran dan kampus.  Meja dan beberapa kursi untuk pengguna berkelompok sudah biasa, tapi bagaimana dengan pekerja digital yang perlu duduk sendirian? Berikut ini ada 3 inovasi digital street furniture dari berbagai negara yang cocok untuk satu sampai tiga pengguna.

1. Nomad, Perancis

Nomad (Sumber : www.tolerie-forezienne.com)

Nomad adalah produk dari Studio Tolerie Forezienne yang berbasis di Paris, Perancis. Digital street furniture ini dirancang untuk kawasan yang mobilitasnya tinggi seperti stasiun, pusat perbelanjaan, dan kampus.

Nomad dilengkapi dengan charger dan colokan USB. Sumber listriknya berasal dari panel surya.  Produk ini terbagi menjadi beberapa pilihan desain unik yang tidak perlu lahan luas. Pilihan desain dan ukurannya sesuai untuk berbagai kebutuhan bekerja dengan smartphone atau laptop dalam mobilitas tinggi.

2. Soofa Bench, Amerika Serikat

Soofa Bench (Sumber :  www.soofa.co)

Pada tahun 2017 lalu, ratusan kursi pintar produk Soofa, Soofa Bench, telah terpasang di 65 kota di Amerika Serikat dan Kanada. Digital street furniture ini tersedia di kawasan padat pejalan kaki seperti taman, kawasan perdagangan, dan halte.

Perabot jalan digital tersebut menggunakan panel surya dan dilengkapi dengan dua USB port untuk smartphone dan perangkat lainnya. Selain itu, tersedia wifi yang jaringannya dapat menjangkau hingga 45-100 meter dari kursi pintar ini.

Soofa Bench juga mengumpulkan data jumlah pejalan kaki lewat kemampuannya mendeteksi perangkat yang dapat terhubung dengan jaringan internet pada kursi tersebut. Data dari smart furniture tersebut berguna untuk pengembangan lebih lanjut.

3. Steora Smart Bench, Kazakhstan

Steora Smart Bench (Sumber : www.croatiaweek.com)

Sebanyak 14 unit kursi pintar Steora Smart Bench tersedia di Kota Kroasia dan Astana,  Kazakhstan pada tahun 2017. Ditemukan oleh Ivan Mrvoš, perabot jalan kekinian tersebut juga tersebar di Australia, Jerman, Belgia, Denmark, Amerika, Qatar, dan masih banyak lagi.

Seperti smart bench pada umumnya, bangku Steora dilengkapi USB port, wifi, dan panel surya. Uniknya, bangku pintar tersebut memiliki lampu LED pada bagian bawah yang membuatnya terlihat menarik di malam hari.

Hingga kini, produsen Steora yang berbasis di Kroasia itu terus mengembangkan produk tersebut menjadi beberapa varian. Steora City misalnya, dilengkapi dengan charger nirkabel, sensor pejalan kaki, sensor lingkungan (suhu, tekanan, kebisingan, kualitas udara), pengatur suhu, dan LCD untuk space iklan.

Selain itu, ada Steora Cyclo yang dilengkapi dengan charger untuk sepeda dan scooter elektrik. Pada digital street furniture tersebut juga tersedia kompa ban. Beberapa bangku Steora Cyclo juga ditambahkan dengan pot bunga.

Jadi begitu 3 inovasi digital street furniture dari berbagai negara, semoga bisa jadi inspirasi desain kalian.  

Share:

0 Komentar